Tanggapi Wacana Subsidi Motor Listrik, Ini Kata Menkeu Sri Mulyani...

Tanggapi Wacana Subsidi Motor Listrik, Ini Kata Menkeu Sri Mulyani...

Motor Listrik Polytron Ramaikan GIIAS Semarang 2022-Polytron-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan belum lama ini menyampaikan wacana soal subsidi untuk pembelian motor listrik.

Luhut mewacanakan subsidi pembelian motor listrik Rp 6,5 juta. Hal ini dilakukan pemerintah untuk mendorong daya beli masyarakat terhadap motor listrik.

Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan harus ada pembahasan terlebih dahulu terkait wacana tersebut.

Sri Mulyani kepada awak media, Kamis (1/12/2022), mengatakan untuk sekarang, kebijakan pemberian subsidi pembelian motor listrik itu belum final.

BACA JUGA:Diputuskan Gubernur, Tarif Ojek Online di Setiap Daerah Dipastikan Beda

Sri Mulyani menyebutkan, pihaknya masih akan melakukan pembahasan terkait soal subsidi pembelian motor listrik tersebut.

Sebelumnya, Luhut pada Rabu (30/11), mengatakan rencana pemberian subsidi pembelian motor listrik tersebut mencontoh seperti yang dilakukan oleh Thailand.

Thailand memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, mulai dari 18.000 baht-150.000 baht atau sekitar Rp 7,4 juta-Rp 62 juta.

Menurut Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu, selain berencana memberikan subsidi pembelian motor listrik, pemerintah juga tengah menyiapkan pemberian subsidi untuk mobil listrik.

BACA JUGA:Bersama Satlantas Polresta Jambi, Honda Sinsen Gelar Kampanye Keselamatan Berkendara

Ia mengatakan, dengan penggunaan kendaraan berbasis listrik maka konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bisa ditekan. Alhasil, dia menyarankan kepada masyarakat untuk membeli kendaraan listrik.

Menurut Luhut, jika dihitung-hitung, tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor fosil, dan begitu juga mobil.

Sumber: