Ini Efeknya Jika Nekat Buka Busi Motor Saat Mesin Panas

Ini Efeknya Jika Nekat Buka Busi Motor Saat Mesin Panas

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Membuka busi motor biasa dilakukan untuk mengecek elektroda busi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para bikers jika ingin membuka busi motor.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan yakni, jangan membuka busi saat mesin dalam kondisi masih panas.

Meski terkesan sepele, namun akan ada efek negatif yang ditimbulkan jika bikers nekat membuka busi saat mesin motor masih dalam kondisi panas.

BACA JUGA:Pemerintah akan Beri Subsidi Motor dan Mobil Listrik, Ini Besarannya...

Mengutip Motorplusonline.com, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Octaviano pernah menyampaikan, efek negatif yang ditimbulkan yakni panas dari ruang bakar bakal merembet ke drat busi sehingga terjadi pemuaian.

Diko menyebutkan, efek dari pemuaian ini maka drat dan kepala silinder bakal semakin rapat. Jika dibuka, maka drat busi akan rusak.

Ditambahkannya, drat busi rusak atau slek dampaknya bisa membuat busi jadi tidak bisa rapat saat dikencangkan.

BACA JUGA:Ini Cara Daftar Pelatihan Setting ECU aRacer di Ultraspeed Racing

Jika drat businya yang bermasalah gampang karena tinggal beli busi baru. Namun kalau yang bermasalah drat lubang busi di head silinder tentu bakal bikin repot.

Dikatakan Diko, jika drat di head silinder sudah slek maka harus bongkar mesin untuk memperbaiki drat busi yang aus dengan cara recoil.

Maka dari itu, Diko menyarankan jika mau mengganti busi dan motor habis digunakan, lebih baik diamkan terlebih dahulu sampai suhu mesin dingin supaya aman.

BACA JUGA:Pemerintah Beri Insentif Motor Listrik, Ini Beberapa di Antaranya...

Tidak hanya bisa merusak drat pengunci busi, melepas busi saat kondisi mesin panas juga bisa melukai diri sendiri. Ada risiko bisa melukai tangan jika masih nekat dilakukan.

Posisi busi yang berada di ruang sempit bikit kulit tangan rawan menyentuh permukaan head silinder ketika proses pelepasan.

Jelas ini berbahaya kalau dilakukan dalam kondisi panas, karena kulit bisa melepuh kalau terkena head silinder yang panas.

BACA JUGA:Modus Patahkan Setang, Maling di Jatinegara Incar Motor Matic

Jadi intinya, tunggu kondisi suhu mesin dingin dulu saat membuka busi motor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: