Presiden Jokowi Sebut Subsidi Motor Listrik Penting Demi Kemajuan Industri Otomotif

Presiden Jokowi Sebut Subsidi Motor Listrik Penting Demi Kemajuan Industri Otomotif

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Pemerintah  berencana memberikan subsidi motor listrik demi mempercepat ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, subsidi motor listrik penting demi kemajuan industri otomotif.

Bahkan Jokowi mengatakan, negara-negara lain, terutama di benua Eropa, juga memberikan program subsidi pembelian motor listrik.

BACA JUGA:Apresiasi Konsumen Setia, Sinsen Beri Promo Khusus Spesial Hari Ibu

Mengutip Motorplus-online.com, Jokowi dalam keterangan persnya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12/2022), mengatakan saat ini hampir semua negara sudah memberlakukan insentif untuk kendaraan listrik.

Jokowi berharap pemberian insentif itu dapat mengembangkan industri mobil dan motor listrik di Indonesia, serta mendongkrak pendapatan dari pajak ataupun nonpajak.

Selain itu, Jokowi juga meyakini perkembangan industri kendaraan listrik dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, dan nantinya juga akan mendorong industri pendukung lainnya.

BACA JUGA:PT Piaggio Indonesia Buka Diler Premium Motoplex di Semarang dan Tegal

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa insentif untuk angkutan umum memiliki perhitungan yang berbeda, selama diproduksi di dalam negeri.

Terkait dengan subsidi pembelian motor listrik memang menilmbulkan pro dan kontra. Apalagi jika subsidi motor listrik tersebut diprioritaskan kepada para driver ojol.

Salah satu pihak yang kontra yakni Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Ketua Umum MTI, Darmonto mengecam jika subsidi motor listrik tersebut disasar ke para driver ojol.

BACA JUGA:Jatuh Akibat Ngerem Mendadak, Pengendara Honda Vario Tewas Terlindas Truk Pertamina

Menurutnya lebih baik pemerintah memperhatikan angkutan umum dikarenakan isu keselamatan.

Sumber: