Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Menghadapi Kondisi Banjir

Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Menghadapi Kondisi Banjir

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM—Pada pergantian tahun Indonesia diselimuti dengan cuaca ekstrem, mulai dari hujan deras hingga angin kencang serta banjir yang melanda berbagai wilayah, khususnya yang baru terjadi di Semarang, Jawa Tengah.

Bencana banjir tentunya mempersempit ruang gerak pengendara sepeda motor. Selain harus meningkatkan kewaspadaan untuk pengendaranya, sepeda motor pun perlu mendapatkan perhatian khusus agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Pengendara Motor di Kebayoran Lama Tewas Dibegal

BACA JUGA:Langgar Aturan Saat Dipakai Orang Lain, Motor Bupati Lumajang Kena Tilang Elektronik

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan pengendara sepeda motor saat menghadapi banjir :

1. Mengetahui medan dan kondisi jalan. Jika air banjir sudah melebihi knalpot atau saringan udara, maka sebaiknya tidak melewati jalan tersebut. 

Apalagi di jalan yang akan dilewati terdapat selokan atau jalan berlubang, air banjir bisa masuk knalpot atau saringan udara. Karenanya kenali medan jalan agar bisa menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

BACA JUGA:Motor Tak Dipasangi Pelat Nomor Belakang, Pengendara Bisa Dicurigai Pelaku Begal

BACA JUGA:Insiden Balap Pesisir Ujunggenteng Makan Korban, Diduga Terkena Ombak

2. Jika terpaksa harus melewati jalanan yang kebanjiran, pastikan ketinggian air masih di bawah knalpot atau saringan udara, lakukan gas motor yang konstan. Jangan tutup gas karena bisa menyebabkan air menutup atau masuk knalpot sehingga mesin motor bisa mati.

3. Jika ketinggian air berlebih dan mesin motor mati karena melewati jalanan yang banjir, jangan langsung starter / menghidupkan motor karena ada kemungkinan air bisa masuk ke dalam mesin. 

Lepas busi terlebih dahulu dan cek juga kondisi saringan udara untuk memastikan tidak terdapat air, kemudian starter untuk mengeluarkan air di ruang bakar. 

BACA JUGA:Pertamax Turun Harga Jadi Rp 12.800, Cek Harga Baru BBM Pertamina Lainnya di Sini!

BACA JUGA:Motor Suzuki Thunder di Balikpapan Terbakar Saat akan Timbun BBM

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: