Sirkuit Mandalika Tak Menggelar Tes Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya...

Sirkuit Mandalika Tak Menggelar Tes Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya...

Miguel Oliviera Jadi Juara di MotoGP Mandalika 2022-motogp-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Tidak seperti tahun 2022, Sirkuit Mandalika pada tahun 2023 ini tidak menggelar tes pramusim MotoGP.

Pihak Dorna Sports sempat memberikan penawaran, namun akhirnya Sirkuit Mandalika absen dari daftar tempat tes pramusim MotoGP 2023.

Adapun tes pramusim MotoGP 2023 digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia dan Algarve, Portugal.

BACA JUGA:Aprilia Turunkan 4 Motor di MotoGP 2023, Pasang Target Tinggi Untuk Pembalapnya

Mengutip Motorplus-online.com, Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, pihaknya tidak menyelenggarakan tes pramusim karena pertimbangan bisnis dari manajemen MGPA dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku pengembang sirkuit.

Priandhi menyebutkan, pihaknya bersama ITDC memilih untuk tidak menggelar pramusim seperti di 2022, karena biaya lumayan besar.

Ditambahkan Priandhi, keputusan menyelenggarakan tes pramusim merupakan hak dari pengelola sirkuit.

BACA JUGA:Joan Mir Sebut, Berseragam Repsol Honda Impian Banyak Pembalap

Lebih lanjut, Priandhi mengatakan tahun 2022 lalu Sirkuit Mandalika menggelar tes pramusim karena dipandang perlu untuk menguji lintasan sirkuit yang baru selesai terbangun.

Penyelenggaraan MotoGP 2022 dan WSBK 2022 sudah membuktikan bahwa Sirkuit Mandalika bagus dan layak untuk balapan, sehingga tidak perlu lagi mengadakan tes pramusim.

Priandhi mengakui bahwa tes pramusim secara promosi bagus untuk menggaungkan nama Sirkuit Mandalika, namun karena biaya yang minim sehingga MGPA memilih mengalokasikan dana ke perbaikannya infrastruktur.

BACA JUGA:Lin Jarvis Dekati Jorge Martin, Siap Boyong ke Yamaha Musim Depan

Berbeda dengan sirkuit di Malaysia yang mengadakan tes pramusim karena penontonnya banyak meski hanya pramusim atau sesi latihan bebas para rider.

Sumber: