Habis Dipakai Libur Nataru, Motor Juga Perlu Diservice, Ini Tips Perawatannya

Habis Dipakai Libur Nataru, Motor Juga Perlu Diservice, Ini Tips Perawatannya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Setelah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah berakhir, masyarakat kini mulai beraktifitas dan tentunya banyak yang mengandalkan sepeda motor.

Ada baiknya pengendara memeriksa terlebih dahulu kondisi kendaraannya. Pasalnya pasca berpergian jarak jauh, ada kemungkinan motor yang dikendarai tidak lagi dalam kondisi prima

BACA JUGA:Honda Luncurkan Tiga Motor Listrik Baru dengan Desain Unik

BACA JUGA:Diduga Jatuh dari Motor Yamaha Aerox 155, Warga Ukraina Ditemukan Meninggal di Jembatan Shortcut Canggu Bali

“Bagi mereka yang memanfaatkan momen libur Natal dan tahun baru untuk berpergian jarak jauh sehingga membuat kendaraan bekerja lebih ekstra, sangat perlu untuk melakukan pengecekan dan perawatan yang tepat terhadap kendaraanya, sebelum kembali memulai rutinitas harian,” ujar Antonius Widiantoro, Asst. Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Karena kondisi motor yang prima merupakan salah satu faktor penunjang keselamatan dan kelancaran dalam berkendara,” tambahnya.

Berikut adalah tips perawatan dan pengecekan sepeda motor bagi para pemilik kendaraan selepas menempuh perjalanan libur Nataru:

BACA JUGA:Ini Empat Lokasi Gerai SIM Keliling di Jakarta Hari Ini, Rabu 11 Januari 2023

BACA JUGA:Ini Alasan Ban Motor Belakang Lebih Besar dari Ban Depan

1. Membersihkan Motor

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh pengendara selepas menempuh pejalanan jarak jauh tentunya adalah membersihkan motor dari kotoran yang menempel, seperti debu, tanah dan juga minyak. 

Karena kotoran tersebut berpotensi menghambat kinerja komponen kendaraan atau bahkan membuatnya rusak seperti berkarat.

2. Cek Oli Mesin

Salah satu bagian penting dari sepeda motor yang perlu dilakukan pengecekan setelah melakukan perjalanan jarak jauh adalah oli mesin. Baik itu volume, kekentalan, maupun warna dari cairan oli itu sendiri. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: