Trik Berkendara Hemat BBM, Perhatian 2 Poin Ini Dijamin Irit

Trik Berkendara Hemat BBM, Perhatian 2 Poin Ini Dijamin Irit

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Sepeda motor menjadi pilihan alat transportasi masyarakat selain karena praktis, juga karena lebih efesien atau irit.

Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) melalui Technical Service Department (TSD) dan Safety Riding Promotion (SRP) juga mengakui bahwa selain produk banyak faktor lain yang juga berpengaruh pada jumlah keiritan konsumsi BBM.

BACA JUGA:TVS MotoSoul, Pestanya Para Bikers di India Kembali Digelar

BACA JUGA:Morbidelli Ungkap Tidak Pernah Merasa Terancam Oleh Toprak Razgatlioglu

Gaya Berkendara

SRP dan Technical Analyst dari TSD Wahana mengakui dan beberkan berbagai faktor yang erat pengaruhi jumlah konsumsi BBM.

Adalah gaya berkendara dan kondisi internal sepeda motor yang ikut mendongkrak keiritan sebuah produk khususnya sepeda motor Honda.

Gaya berkendara, terbuai dengan kenyamanan dan tarikan khas motor tidak jarang membawa pengendara motor memuntir gas lebih dalam dan responsif.

BACA JUGA:Ini yang Harus Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir

BACA JUGA:Motor Listrik Ducati Sudah Jadi, Siap Buat Balapan MotoE 2023

Hal ini ternyata juga miliki pengaruh terhadap jumlah konsumsi BBM. Ini beberapa gaya berkendara yang bikin boros.

1. Melakukan putaran gas secara cepat dan dalam alias ‘dibetot’. Gaya ini membuat konsumsi BBM lebih boros apalagi pada tipe skutik. Seharusnya lakukan tarikan gas secara perlahan dan konstan saat ingin mengejar top speed.

2. Untuk tipe sport dan cub dengan sistem transmisi manual, rasakan dan dengarkan posisi transmisi, kecepatan, dan bukaan gas. Posisi transmisi yang tidak sesuai dengan kondisi jalan dan putaran gas dapat membuang BBM percuma.

BACA JUGA:AHM Kembali Gelar Festival Vokasi Satu Hati 2023

BACA JUGA:Meski Sudah Ada Motor Listrik, Yamaha Masih Jual Motor Hybrid Grand Filano, Ini Alasannya

3. Pemilihan rute terbaik untuk mengurangi pemaksaan kinerja mesin seperti jalan mendaki, jalan kondisi permukaan pasir, tanah atau air. Kondisi lingkungan tersebut pastinya memaksa mesin ‘ melahap’ bensin yang ekstra.

4. Perhatikan beban maksimal yang sanggup ‘dilayani’ motor anda.

“Sekilas tidak nampak memang, gaya berkendara, kondisi jalan, hingga skill berkendara berdampak terhadap konsumsi bahan bakar. Pahami dan berlaku bijaklah saat berkendara dengan beberapa hal tersebut,” jelas Wahyu Budhi, Instruktur TSD.

BACA JUGA:Ini Biaya Pemasangan Indiglow yang Bikin Spidometer Analog Motor Makin Kece

BACA JUGA:Paling Murah Rp 100 Ribu, Ini Besaran Denda Tilang Elektronik Januari 2023

Internal Motor

Selain gaya dan kondisi lingkungan berkendara, faktor internal lainnya juga miliki andil menentukan boros atau irit penggunaan BBM anda.

1. Pastikan tekanan angin dan kondisi ban pas dan masih layak digunakan.

2. Kesegaran mesin dengan rutinitas penggantian oli atau pembersihan beberapa part pembakaran seperti busi, throttle body dan kabel pengapian busi wajib dijaga.

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

BACA JUGA:Ini yang Dikatakan Dua Pembalap Monster Energy Yamaha Saat Berkunjung ke Indonesia

3. Cek kondisi bagian transmisi sebagai penyalur tenaga mesin kepada putaran roda seperti CVT dan roller atau kanvas kopling.

4. Putaran mesin atau yang lazim disebut langsam atau idling perlu dirasakan dan didengar pengendara. Putaran mesin yang terlalu tinggi diatas batas normal memungkinkan ‘meminum’ BBM lebih banyak.

Nah, coba Analisa gaya berkendara anda apakah sudah sesuai dengan tips irit BBM. Untuk kondisi internal motor, tidak ada salahnya melakukan perawatan rutin di AHASS terdekat. Yuk cari aman di jalan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: