Saklar Starter Juga Perlu Dirawat, Ini Tipsnya

Saklar Starter Juga Perlu Dirawat, Ini Tipsnya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Saklar starter adalah bagian pada motor yang kerap luput dari perhatian. Padahal Saklar starter yang posisinya ada di setang juga memerlukan perawatan

Fungsi saklar starter pada motor adalah untuk menghidupkan mesin. Dengan posisi saklar starter motor yang rentan terkena kotoran, debu, air, maka konsumen perlu memperhatikan perawatan komponen ini. 

BACA JUGA:Riding Bareng Doni Tata di bLU cRU Yamaha WR 155 R Riding Experience, Keliling Yogyakarta

Karena jika tidak dirawat, bisa mengakibatkan timbulnya karat atau tumpukan kotoran sehingga mengganggu fungsi saklar starter motor.

Untuk itu, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan tips perawatan saklar starter motor sebagai berikut :

1.Pembersihan

Saat ini cuaca tidak menentu, terkadang hujan tiba-tiba juga langsung panas. Hal tersebut membuat motor juga lebih cepat kotor. 

BACA JUGA:Mantap! IMI Beri Apresiasi Tertinggi, Presiden Jokowi Jadi Bapak Otomotif Indonesia

Selain membersihkan bagian luar motor, terdapat part yang perlu juga diperhatikan kebersihannya seperti halnya saklar starter motor. 

Karena saklar starter mudah terkena kotoran saat motor sedang digunakan, Anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan cara menyemprot bagian saklar starter menggunakan cairan khusus pembersih saklar starter. 

Karena jika saklar starter kotor bisa mengakibatkan korsleting sehingga membahayakan komponen kelistrikan lainnya pada motor. 

Cairan khusus pembersih saklar starter dapat menghilangkan kotoran di saklar starter, menjadikan komponen saklar starter bersih dan memperpanjang usia saklar starter.

BACA JUGA:XMAX Connected Jadi Pusat Perhatian Pengunjung IIMS 2023 di Booth Yamaha

2.Jangan memodifikasi yang berlebihan

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: