Begini Cara berkendara Aman Pakai Motor Sport Fairing di Musim Hujan

 Begini Cara berkendara Aman Pakai Motor Sport Fairing di Musim Hujan

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Saat berkendara motor di musim hujan, biker perlu ekstra berhati-hati mengingat kondisi jalanan yang licin, tergenang air dan berpotensi bahaya buat keselamatan pengendara. 

Bagi biker penunggang motor sport fairing, berkendara kala musim hujan wajib dijalani dengan tetap menjaga konsentrasi, serta menerapkan safety riding.

BACA JUGA:Jadi Pasangan Juara Dunia ke 5 Sepanjang Sejarah MotoGP, Marc Marquez dan Joan Mir Diharapkan Bisa Bawa Honda Juara Konstruktor

BACA JUGA:Warna Baru Kawasaki New Ninja 250 23MY Resmi Hadir Dibanderol Mulai Rp 60 Jutaan

Yang juga perlu diperhatikan berkendara dalam situasi berbeda karena hujan ini, ada beberapa poin agar biker tetap nyaman dalam berkendara.

Berikut tips berkendara motor sport fairing di musim hujan dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta :

1.Gunakan safety gear yang lengkap

Kelengkapan safety gear wajib digunakan oleh pengendara motor seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu tertutup. 

Dikarenakan kondisi hujan, maka perlu ditambahkan untuk mengenakan jas hujan model atasan bawahan serta jas hujan sepatu atau sepatu boot karet untuk melindungi badan dan kaki pengendara dari basahnya air hujan.

BACA JUGA:Gokil! Motor Listrik Yadea Diajak Freestyle di IIMS 2023

BACA JUGA:Peluncuran Tim Repsol Honda: Livery Gak Ada Perubahan, Joan Mir Jadi Sorotan

2.Menghindari cipratan air yang berlebih

Hindari cipratan air berlebihan baik dari motor sendiri maupun pengendara lain. Cipratan air yang berlebihan akibat hujan dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Apalagi untuk tipe motor sport fairing, biasanya di bagian kaki lebih mudah terkena cipratan air. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya pengendara mengenakan jas hujan setelan atasan bawahan dan jas hujan sepatu atau sepatu boot yang menutupi kaki hingga betis. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: