7 Cara Cegah Gugup Bagi Pengendara Pemula di Jalan Raya

7 Cara Cegah Gugup Bagi Pengendara Pemula di Jalan Raya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Berkendara motor adalah suatu aktivitas yang memerlukan keterampilan dan ketenangan. Bagi pemula, seringkali merasa gugup dan cemas saat Berkendara di jalanan. 

Danang Hermanto, instruktur safety riding dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan beberapa tips untuk mengatasi rasa gugup tersebut.

BACA JUGA:Irwan Ardiansyah Meninggal Dunia, Ini Perjalanan Singkat Karir Legenda Balap Indonesia

Berikut beberapa tips dari Yamaha Riding Academy(YRA) Yogyakarta terkait berkendara motor bagi pemula agar tidak gugup saat berkendara di jalanan :

1. Kenali kendaraan Anda

Sebelum memulai berkendara, pastikan Anda sudah mengenal motor Anda. Pelajari bagaimana mengoperasikan setiap tombol dan tuas, pahami fungsi dan cara penggunaan fitur-fitur pada motor, serta memahami dasar-dasar teknik berkendara. 

Ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri saat berkendara. Selanjutnya, saat awal berkendara disarankan menggunakan kecepatan rendah atau pelan-pelan terlebih dahulu, agar bisa beradaptasi lebih baik dengan kondisi di jalanan serta terbiasa dalam menggunakan motor.

BACA JUGA:Usai Operasi, Marquez Dipastikan Absen di GP Argentina

2. Kenali jalan yang akan Anda lewati

Sebelum memulai perjalanan, pastikan Anda tahu rute yang akan Anda lewati. Kenali kondisi jalan, termasuk tikungan, jalan menanjak atau menurun, dan daerah rawan kecelakaan. 

Dengan mengetahui kondisi jalan, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengurangi rasa cemas saat berkendara.

3. Kenakan perlengkapan keselamatan

Pastikan Anda menggunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu yang melindungi jari dan mata kaki, dan celana panjang. 

BACA JUGA:Decky Al Raih Podium 3 di Seri Pertama TVS Asia One Make Championship 2023

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: