Tips Merawat Sekring Sepeda Motor

Tips Merawat Sekring Sepeda Motor

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Sekring terletak pada bagian dalam sepeda motor yang berfungsi sebagai pengaman saat terjadi hubungan arus pendek atau korsleting pada rangkaian listrik sepeda motor. Dan biasanya dalam sepeda motor memiliki lebih dari 1 Sekring.

Yang perlu diketahui sebagai penyebab sekring putus adalah korsleting, Tanda-tanda sekring putus yaitu tidak berfungsinya sistem kelistrikan pada sepeda motor.

BACA JUGA:TKDN Sudah 44 Persen, Beli Motor Listrik Alva One Bakal Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Untuk menjaga agar sekring tetap berfungsi dengan baik, berikut ada sejumlah poin perawatan dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) :

1.Jangan lakukan modifikasi berlebihan

Modifikasi sering dilakukan para pencinta motor, seperti perubahan sekring agar mampu menahan beban listrik yang lebih besar. 

Namun hal tersebut berbahaya dikarenakan spesifikasi sekring standar pabrikan sudah dihitung secara cermat oleh produsen motor yang disesuaikan dengan spesifikasi kabel dan arus listrik yang mengalir di komponen-komponen motor. 

BACA JUGA:Piaggio Indonesia Luncurkan Vespa Primavera Color Vibe Limited Edition, Segini Harganya

Dampak yang terjadi apabila menggunakan sekring di luar standar pabrikan adalah saat terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting dikhawatirkan terjadinya kebakaran karena sekring tidak akan memutuskan arus listrik yang ada.

2.Gigitan hewan

Jika motor disimpan di luar rumah, ada kemungkinan kabel akan digigit oleh hewan seperti tikus sehingga menyebabkan korsleting dan mengganggu fungsi kelistrikan, bahkan motor tidak bisa dinyalakan. 

BACA JUGA:Komunitas Honda Beri Santunan di Bulan Ramadhan

Karena itu, hindari meletakkan motor di tempat-tempat yang berpotensi menyebabkan kabel digigit hewan seperti tikus.

3.Melakukan pengecekan ke bengkel resmi

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: