Gak Takut Boros Kalau Coba Tips Berkendara Efesien Ini

Gak Takut Boros Kalau Coba Tips Berkendara Efesien Ini

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Untuk menunjang aktivitas harian, sepeda motor masih menjadi pilihan banyak orang. Selain karena kepraktisannya, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien juga menjadi salah satu pertimbangannya. 

Oleh karena itu, untuk mendukung konsumsi bahan bakar yang efisien, diperlukan beberapa tips mengenai gaya berkendara yang efektif dan cara merawat kendaraan yang benar.

BACA JUGA:Mantap! Helm Terbaru Marc Marquez, SHOEI X-15 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya Mengejutkan!

“Berkendara sehari-hari dengan sepeda motor menjadi pilihan bagi banyak orang, selain karena lebih praktis, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien juga menjadi salah satu alasannya,” ujar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

“Karena itu, diperlukan beberapa penyesuaian cara berkendara untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien, seperti menjaga kecepatan, rencanakan perjalanan, hingga merawat sepeda motor dengan baik, ”tambahnya.

BACA JUGA:Nolan N30-4 Series Meluncur di Indonesia, Helm Anti Gerah, Pas Buat Iklim Indonesia

Berikut ini adalah beberapa tips berkendara efisien bahan bakar dengan mengunakan sepeda motor;

1. Cek Kondisi Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban cukup berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor. Karena itu, sesuaikan tekanan ban dengan standar pabrikan dan cek secara berkala kondisinya. 

Kondisi ban yang kurang angin akan membuat permukaan ban mejadi lebih lebar, sehingga gesekan antara ban dan permukaan jalan akan menjadi lebih tinggi. 

BACA JUGA:Bagnaia Ungkap Keuntungan Sprint Race, Poin Tambahan Buat Memimpin Klasemen MotoGP 2023

Akibatnya kinerja mesin jadi lebih berat dan konsumsi bahan bakar akan meningkat.  

2. Rencanakan Perjalanan

Merencanakan rute perjalanan dengan tepat sangat diperlukan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang tidak perlu. 

Sumber: