Hadapi Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matik Jadi Makin Aman dengan Tips Ini

Hadapi Tanjakan dan Turunan Pakai Motor Matik Jadi Makin Aman dengan Tips Ini

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Sepeda motor berjenis Matic saat ini menjadi salah satu kendaraan favorit yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam mendukung mobilitas harian mereka. 

Pasalnya, sepeda motor dengan transmisi otomatis dinilai lebih praktis dan mudah untuk dikendarai terutama saat digunakan menerabas jalur macet di daerah perkotaan. 

BACA JUGA:Play Freely in Colors, Deretan Warna Baru Vespa yang Makin Ceria

Namun tidak sedikit pula pengguna sepeda motor yang kerap menggunakan motor Matic untuk memenuhi kebutuhan hobi berkendara mereka seperti touring. 

Dan ketika melakukan kegiatan touring tersebut, mereka kerap dihadapkan dengan kondisi jalan yang beragam seperti jalur tanjakan serta turunan yang terkadang turut diserta dengan tikungan-tikungan tajam. 

Berbeda dengan sepeda motor bertransmisi manual, saat hendak melewati jalur menanjak dan menurun pengendara motor Matic harus memperhatikan beberapa hal terkait teknik berkendara yang benar. 

BACA JUGA:AHM Segarkan CB650R, Big Bike Honda Bergaya Neo Sport Cafe Jadi Makin Gagah

Tujuannya agar pengendara dapat meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan serta kerusakan yang terjadi pada komponen motor.  

“Menggunakan sepeda motor Matic dijalan menanjak dan menurun memang memerlukan sedikit penyesuaian dalam hal teknik berkendara. Tidak seperti motor bertransmisi manual, motor Matic tidak bisa berakselerasi menggunakan gigi kecil saat menanjak, dan melakukan engine brake saat turunan,” ujar Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

“Oleh sebab itu perlu pemahaman skill berkendara yang tepat meliputi cara buka tutup gas, pengereman, postur tubuh, hingga perilaku berkendara safety untuk meminalisir resiko kecelakaan yang tidak diinginkan,” tambahnya.

BACA JUGA:Kebencian Rossi ke Marquezz Masih Ada, Dilanjut ke Tim VR46 Mooney

Berikut adalah tips berkendara dari Yamaha Riding Academy terkait hal-hal yang harus diperhatikan saat melewati jalanan menanjak dan menurun menggunakan sepeda motor Matic.

Tanjakan

Saat melewati jalan tanjakan menggunakan motor Matic, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga kecepatan ideal dengan memanfaatkan momentum baik sebelum maupun pada saat menanjak. 

Sumber: