Jangan Cuman Pandang Kekurangan Rangka eSAF, Ada Juga Kelebihannya!

Jangan Cuman Pandang Kekurangan Rangka eSAF, Ada Juga Kelebihannya!

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Saat ini banyak orang yang menilai bahwa motor yang menggunakan rangka eSAF motor yang tidak tahan lama.

Seseorang banyak berpandang seperti itu lantaran viralnya baru abru ini motor beat patah rangkanya dan rangka tersebut adalah rangka eSAF.

Jangan pandang buruknya saja, ternyata ada juga loh kelebihan yang dimiliki oleh rangka eSAF yuk simak kelebihannya.

BACA JUGA:Mana Paling Oke? Rangka eSAF Vs Rangka Konvensional dari Segi Harga, Kekuatan, Perawatan dan Kualitas

Sebagai informasi, rangka eSAF menggunakan pelat baja yang di-press dan dilas menggunakan laser welding.

1. Lebih Ringan Rangkanya

Keunggulan yang dimiliki oleh rangka eSAF yaitu lebih ringan ketimbang rangka tube biasa. Pada Honda Genio, misalnya, teknologi eSAF membuat bobotnya lebih ringan. Rangkanya dikatakan hanya berbobot 11 kg. Sementara rangka tube motor matik Honda sebelumnya mencapai 15kg. Hal ini membuat pengendaraan lebih nyaman dan mudah ketika bermanuver.

2. Lebih Irit BBM

Dengan keringannya rangka tersebut membuat motor lebih irit bahan bakar minyak (BBM). Pada Honda Genio, dalam tes internal dengan metode ECE R40 konsumsi bahan bakarnya mencapai 59,1 km/liter (fitur ISS on), lalu Honda BeAT hingga 60,6 km/liter (fitur ISS on), Honda Vario 160 46,9 km/liter, dan Honda Scoopy 59 km/liter.

BACA JUGA:Gak Cuma Viral! Ternyata Ada 10 Fakta Menarik Lain Soal Rangka eSAF di Skutik Honda, Bradsis Perlu Tau Nih!

3. Minim Deformasi

Lembaran pelat baja yang di-press kemudian dilas menggunakan teknologi yang lebih canggih. Untuk penyatuan beberapa pelat baja yang di-press tadi, proses pengelasannya menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi.

Pengelasan menggunakan laser welding diklaim mampu membuat rangka secara kualitas lebih baik dan tidak mempengaruhi komposisi frame body-nya. Deformasi hampir tidak ada.

4. Ruang Lebih Besar

BACA JUGA:PCX160 Jadi Motor Honda Terlaris Selama Pameran GIIAS 2023

Penggunaan rangka eSAF membuat insinyur Honda bisa mendesain ruang yang lebih besar untuk bagian tangki bahan bakar dan bagasi. Honda BeAT memiliki bagasi 12 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter.

Selanjutnya Honda Vario 160 memiliki kapasitas bagasi 18 liter dan tangki bahan bakar 5,5 liter. Kemudian Honda Genio punya bagasi 14 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter. Terakhir Honda Scoopy bagasinya 15,4 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter.

Itulah kelebihannya, jangan merasa takut dan kecewa terhadap produk motor yang menggunakan rangka eSAF.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: