Gampang! Agar Rantai Motor Lebih Awet dan Tidak Putus, 3 Langkah Sederhana ini Bisa Dilakukan!

Gampang! Agar Rantai Motor Lebih Awet dan Tidak Putus, 3 Langkah Sederhana ini Bisa Dilakukan!


Gampang! Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Anti Putus, Lakukan 3 Langkah Sederhana ini! ||PT AHM

MOTOREXPERTZ.COM -  Lagi zaman susah nih, bradsis. Merawat kendaraan jadi sebuah keharusan agar motor kesayangan tetap prima dan enggak ngerongrong. 

Khusus pemilik motor bebek atau sport yang masih pakai rantai, maksudnya bukan skutik, peranti penggerak itu harus rajin dirawat, lo. 

Maklum, rantai masuk kategori komponen penting juga buat sebuah sepeda motor. Gak kebayang dah, kalo lagi jalan enak-enak, tiba-tiba rantai lepas atau putus. 

Seperti dibilang Endro Sutarno, tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), “Pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima. 

BACA JUGA:Hasil Kualifikasi MotoGP Styria 2021: Epic Comeback, Jorge! Rider Spanyol Ini Cetak Rekor Baru, Pecundangi Bagnaia dan Quartararo

Perawatan ataupun pengecekan rantai roda pun disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km.”

Mari simak beberapa cara merawat rantai roda agar sepeda motor dapat menghasilkan kinerja yang maksimal dan memberikan kenyamanan saat dikendarai. Berikut tipsnya:

1. Kenali Bagian Rantai

Sebelum mengetahui cara perawatan, pelajari dahulu bagian-bagian yang terdapat pada rantai roda. 

Rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda). 

BACA JUGA:Pernah Sukses Kalahkan Valentino Rossi dengan Dua Motor, Ini Momen Hebat Stoner vs Rossi, Stoner: Saya Banyak Belajar dari Rossi

Rantai sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Selain itu perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, terdapat perbeda ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: