Ini Bahayanya Jika Rangka eSAF Kalian Keropos!

Ini Bahayanya Jika Rangka eSAF Kalian Keropos!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM --- Sekarang ini, warganet sedang diliputi kegaduhan mengenai rangka eSAF yang digunakan pada skutik Honda nih, bradsis.

Sepertinya ini menjadi sebuah 'trend ' yang sedang hits, karena satu per satu video tentang skutik Honda seperti BeAT, Vario, atau Genio yang mengalami masalah pada rangka bermunculan di dunia maya.

Bahkan, tidak hanya itu, beberapa pemilik skutik Honda dan juga bengkel umum ikut serta dalam testimoni dan pembuktian mereka melalui video, dengan membongkar skutik mereka satu per satu. Dari sana, timbulah polemik-polemik yang mendiskusikan dampak buruk dari keropos dan bahayanya rangka eSAF ini.

Jadi, apa sih bahayanya ketika rangka eSAF pada skutik Honda kesayangan Anda mengalami keropos atau patah tiba-tiba?

BACA JUGA:Viral, Pemotor Rela Tinggalkan Kekasih Saat Ditilang Polisi

BACA JUGA:Bisa Gak Sih Ganti Rangka Motor Sendiri?

Sebagai informasi, rangka eSAF ini terbuat dari lembaran pelat baja yang kemudian dipress dan di las menggunakan teknologi las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi.

Berbeda dengan rangka motor lainnya yang menggunakan pipa. Penggunaan teknologi rangka baru eSAF ini diklaim membuat motor menjadi lebih ringan, lincah, dan nyaman untuk dikendarai.

Hal ini juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan performa yang dihasilkan. Rangka eSAF juga memberikan keuntungan dengan memberikan ruang bagasi yang lebih besar karena desain bodi yang lebih efisien.

Misalnya, untuk Honda Genio, kapasitas bagasinya mencapai 4 liter, dan kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 4,2 liter. Tapi, jika rangka eSAF Anda mengalami keropos, tentu saja ini sangat berbahaya, terutama jika terjadi patah saat Anda sedang berkendara.

BACA JUGA:Rangka eSAF Banyak Dikeluhkan Karena Mengeropos, Penjualan Honda Turun?

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Bahaya Meninggalkan Minyak Rem Motor Tidak Diisi

Bayangkan, jika rangka motor tiba-tiba patah saat sedang melaju di jalan raya, pastinya Anda akan merasa sangat khawatir dan juga membahayakan orang lain. Seperti yang kita tahu, jika rangka patah secara mendadak, motor tidak akan bisa digunakan dengan sempurna lagi.

Tapi, jangan khawatir! Jika rangka eSAF pada motor Anda patah setelah hanya satu tahun penggunaan, Anda masih dapat mengajukan klaim asuransi ke Honda resmi.

Namun, tidak sembarangan mengganti rangka eSAF ini, perlu ada pemeriksaan mendalam untuk mengetahui penyebab keroposnya rangka tersebut.

Pastikan Anda juga menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, STNK, dan BPKB sebagai bukti kepemilikan kendaraan dan juga jenis kendaraan, karena mengganti rangka eSAF sama halnya dengan merakit ulang kendaraan Anda.

BACA JUGA:Terungkap! 5 Tips Ampuh untuk Menghindari Kebocoran Ban Motor Alus yang Bikin Pusing

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber