Modifikasi Honda Dax: Flat Tracker Mungil Ini Memang Tiada Duanya

Modifikasi Honda Dax: Flat Tracker Mungil Ini Memang Tiada Duanya


Honda Dax karya seorang builder bernama Pierre dari Freeride Motors, kini berpenampilan unik namun punya performa tinggi.||(Foto/pipeburn.com)

MOTOREXPERTZ.COM - Kita tahu banget, nih, kalau Honda Dax itu sejatinya salah satu motor yang mungil alias kecil.

Motor ini merupakan mini bike Honda yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1969 silam.

Mini bike ini juga banyak dikenal memiliki sasis atau rangka motor bermodel T.

Rangka yang cukup familiar bagi motor-motor bebek lansira Honda.

BACA JUGA:Wajib! Bawa Surat ini Jika Ingin Lakukan Perjalanan Dengan Aman saat PPKM Diperpanjang

BACA JUGA:Jual Beli Motor Bekas, Faktor Ini Bisa Mempengaruhi Banget Nilai Jual Motor

Selain Honda Super Cub sampai Astrea Legenda, Honda mengandalkan frame ikonik tersebut.

Apalagi khusus Honda Dax ini, membuatnya menjadi salah satu mini bike terunik dengan frame tersebut.


Rangka T yang kini cukup melegenda bagi pencinta motor bebek Honda model lawas.||(Foto/pipeburn.com)

Salutnya, mini bike Honda satu ini dimodifikasi dengan gaya motor flat track dengan dananan manis tapi gahar.

Uniknya lagi, meski terlihat ladies banget, ternyata detail profil motor ini menggugah banget buat ditiruin.

+++++

BACA JUGA:Tak Terima Komplain, Ojol di Kroyok Pegawai Resto Hingga Babak Belur, Gegara Ayam Geprek?

BACA JUGA:Pedrosa Siap Berlaga di MotoGP San Marino 2021 Berkat Wild Card KTM, Gegara Perfoma Apik di Red Bull Ring

Sehingga, hal yang dibuat oleh Pierre Dhers dari Freeride Motors yang telah menyulap mini bike dari Honda Dax ini terlihat punya value yang menarik.

Awalnya, seperti dikutip dari pipeburn.com, Pierre iri melihat Honda Dax flat tracker versi Cheetah Custom Cycles.

Nah, ia pun terbangun buat ngebangun Honda Dax ini dengan versinya sendiri.

Nggak pakai lama, setelah mendapat Honda Dax incirannya, Pierre langsung 'melucuti' semua bagian motor, terkecuali frame.

BACA JUGA:Akhirnya! Suzuki Segera Rilis Skutik Gambot 400cc ini, Yamaha Xmax dan Honda Forza di Negara ini Harus Waspada!

BACA JUGA:Akhirnya! Suzuki Segera Rilis Skutik Gambot 400cc ini, Yamaha Xmax dan Honda Forza di Negara ini Harus Waspada!

Iya, yang tersisa dari Honda Dax ini hanya bagian pentingnya, yakni sasis berlapis baja yang ikonik itu.

Hal pertama yang dilakukan oleh Pierre untuk meng-upgrade motor ini adalah di sektor kaki-kakinya.


Sisi lain dari penampilan Honda Dax karya Freeride Motors ini sangat unik nan nyentrik, sehingga punya daya tarik lebih.||(Foto/pipeburn.com)

Dari bagian depan, ia mengganti dan menyematkan garpu depan dengan model yang jauh lebih modern.

Setelah itu Pierre langsung mengganti kedua rodanya dengan pelek jari-jari Derbi, yang dibalut dengan ban khusus flat track.

+++++

BACA JUGA:Honda CB200X Resmi Diperkenalkan di India, Motor Advanture ini Dilabel Puluhan Juta Saja, Tertarik?

BACA JUGA:Akhirnya! Polisi Lakukan Razia Sunmori dan Balap Liar di Kawasan BSD, Karena Sering Terjadi Kecelakaan?

Nggak berhenti sampai di situ, lirik ke bagian belakang, Pierre mencopot arm bawaan dengan menggantinya dari produk Savanna Racing. Kini, sasis belakang sudah jauh lebih baik.

Selanjutnya, ia pun mengaplikasikan suspensi belakang dengan produk baru, sebagai penyempurna kaki-kaki di area belakang.

Ubahan yang nggak kalah penting yakni soal pengereman motor ini.

Lantaran konsep yang diusung oleh Pierre adalah motor bergaya flat track, maka Honda Dax ini hanya memakai rem cakram depan saja.

BACA JUGA:Geger! Sirkuit Mandalika Hampir Selesai, Gegara Hal Sepele Ini Warga Sekitar Tega Merusak Pagar, Hadehhh

BACA JUGA:Blak-Blakan! Galang Hendra Ceritakan Perjuangannya Dapat 5 Poin Tambahan di Race 1 WSSP Navarra 2021, Salut!

Lanjut, kini yang dioprek oleh Pierre adalah area mesin, di mana ia melakukan engine swap berkapasitas 190cc 4-katup dari Daytona.

Jadi, mesinnya ini racikan dari aftermarket brand, Daytona, bermesin tidur sesuai dengan identitas bawaan motor.


Kalau dilihat dari mesin, memang gak ada nyangka kalau mesinnya kini sudah 190cc, lho!||(Foto/pipeburn.com)

Hanya saja, secara performa, motor ini jelas sekarang jauh lebih bertenaga dan layak untuk bermain flat track di sirkuit khususnya.

Kemudian, untuk menyesuaikan kebutuhan mesinnya, Pierre mengawinkannya dengan karburator OKO dengan pod filter.

+++++

BACA JUGA:Terkini: Dani Pedrosa Bakal Dapat Kesempatan Wild Card Kedua dari KTM di GP San Marino, Karena Punya Modal ini?

BACA JUGA:Hot Gosip: Setelah Cal Crutchlow, Giliran Andrea Dovizioso yang Diincar Yamaha, Cek Faktanya di Sini!

Selain itu, untuk menyalurkan akhir tenaga motor ini, knalpot dari Yoshimura tipe karbon menjadi andalan Pierre untuk Honda Dax ini. Wah, gila banget ini, sih!

Terakhir, finishing-nya nih! Untuk hasil akhirnya Pierre tampaknya menyukai hal-hal yang unik.

Lihat saja, meski secara performa sudah sangat gahar, tetapi soal gaya, Pierre tampaknya menginginkan tampilan yang berbeda.

Di bagian frame Honda Dax ini dicat dengan warna purple dengan sedikit terdapat stiker bertuliskan huruf kanji Jepang.

BACA JUGA:Dipanggil Yamaha Sebagai Pembalap Pengganti, Jake Dixon: Saya Sampe Gak Bisa Tidur, Nih!

BACA JUGA:Terjawab! Yamaha dan Vinalis Akhirnya 'Bercerai' Lebih Cepat, Ternyata Selain Gegara Insiden Styria, Tapi juga Karena ini?

Di bagian kursi alias joknya, Pierre sedikit mengubah dengan menambahkan plat U pada bagian buntut motor.

Hal tersebut dilakukan agar jok berkulit putih dan berdesain buntut tawon itu bisa disematkan dengan baik.

Di bagian kemudinya, karena konsepnya flat track, alhasil di area ini hanya mencolok setang lebar yang dilengkapi plat nomor start.a

Klau sudah jadi begini, Honda Dax bergaya flat tracker ini emang gak ada duanya, deh.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: