Kunci Motor Tibs-tiba Hilang? Ini 4 Solusinya

Kunci Motor Tibs-tiba Hilang? Ini 4 Solusinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kunci motor memang merupakan benda yang sangat penting bagi para pengendara karena tanpa kunci motor, tentunya motor kalian tidak bisa di hidupkan.

Kunci motor tidak bisa disepelekan keberadaannya,meskipun sebagian orang pernah mengalami kunci motor hilang.

Hilangnya kunci motor memang membuat repot,apalagi jika hilangnya disaat yang tidak tepat atau kalian sedang terburu-buru dan pastinya kalian akan panik di buatnya

BACA JUGA:Kunci Selamat di Jalan Rusak! 5 Tips yang Wajib Anda Ketahui

Ada berbagai alasan kunci motor bisa hilang.Jika hal ini terjadi,berikut cara-cara yang dapat kalian lakukan.

1.Jangan Panik

Saat mengalami kunci motor hilang,pertama-tama yang dapat kalian lakukan adalah jangan panik dan tetap tenang.Panik hanya akan membuat pikiran semakin runyam sehingga kalian tidak dapat mengingat dimana terakhir kalinya meletakkan kunci motor tersebut.

Panik juga membuat suasana semakin keruh,sehingga bisa memicu pertengkaran,apalagi jika kalian panik dalam kondisi terburu-buru dan mendesak.padahal,ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi kehilangan kunci motor.

Daripada panik yang membuat hati tidak tenang,kalian bisa saja menggunakan kunci cadangan yang seharusnya sudah kalian persiapkan jauh-jauh hari.selain itu,kalian juga bisa menggunakan jasa tukang kunci yang akan membuatkan kunci baru.

BACA JUGA:Kunci Selamat di Jalan Rusak! 5 Tips yang Wajib Anda Ketahui

2.Gunakan Kunci Cadangan

Orang cerdas pasti tidak asing dengan peribahasa sedia payung sebelum hujan.Hal ini ternyata juga berlaku untuk kunci motor yang hilang,sebaiknya,kalian selalu menyediakan kunci cadangan ketika menyimpan kunci motor.

Kunci cadangan adalah cara untuk menyelesaikan masalah jika kunci motor kalian hilang.Olah karena itu,untuk menyimpan kunci motor cadangan kalian di tempat yang aman dan mudah diingat.

Hal ini bertujuan agar kalian mudah mengingat dan mengambilnya ketika membutuhkan kunci cadangan tersebut.Sebab,bisa jadi kalian lupa dimana menaruh kunci utama,atau tidak sengaja menghilangkan dan menjatuhkannya.kunci cadangan adalah benda pertama yang paling sering di ingat pada saat kehilangan kunci motor.Jadi,selalu siapkan kunci cadangan untuk motor kalian.

Sebaiknya,kalian memiliki lebih dari satu kunci cadangan,agar dapat menyimpan satu dalam dompet dan yang lain ditinggal di rumah.

BACA JUGA:Inilah Kunci Rahasia Agar Motor Tetap Segar di Musim Kemarau

3.Pakai Jasa Tukang Kunci

Jika kalian tidak memiliki kunci cadangan,maka langkah yang dapat kalian lakukan ketika kehilangan kunci motor adalah dengan menggunakan jasa tukang kunci.

Biasanya tukang kunci dapat dengan mudah membongkar kontak kalian dan membuat motor kembali menyala dengan kunci baru yang dibuatnya.Dalam hal ini,kalian bisa menghubungi dealer motor karena biasanya dealer menyediakan layanan perbaikan atau penggantian kunci.tidak hanya di dealer,ahli kunci pun sangat mudah kalian jumpai yang biasanya membuka lapak pinggir jalan.

Berkaitan dengan pembuatan kunci,kalian membutuhkan surat kepemilikan kendaraan dan biaya tambahan untuk pergantian kunci.Adapun solusi yang paling murah disini adalah mengganti mata atau gerigi di badan anak kunci.

Setiap tukang kunci sudah pasti bisa melakukan hal tersebut.Tukang kunci nantinya juga akan mengubah bagian dalam rumah kunci agar kunci tetap sesuai dan dapat masuk ke dalam rumah kunci.

BACA JUGA:Selain Pasang Kunci Ganda, Ini Tips Ringan Biar Motor Aman Dari Maling

4.Manfaatkan Garansi

Jika kalian mengalami kehilangan kedua kunci motor kalian,yaitu kunci utama dan kunci cadangan,maka langkah yang dapat kalian lakukan adalah segera menghubungi dealer untuk mendapatkan garansi.

Garansi sangat berguna untuk mempermudah kalian saat menggunakan kendaraan.Apalagi ketika kalian dihadapkan pada situasi sulit seperti kunci motor hilang,garansi pasti akan sangat membantu.

Oleh karena itu,sebelum membeli kendaraan,pastikan dealer juga memberikan klaim garansi untuk kunci motor kalian.

Garansi kunci hilang khusus diberikan pada kalian yang motornya masih memiliki hak untuk garansi.Jadi,ketika kehilangan kunci motor,kalian dapat meminta ganti atau kunci cadangan pada dealer motor tempat kalian membelinya.

BACA JUGA:Terungkap Kunci Kemenangan Miguel Oliveira pada MotoGP Thailand 2022

Perlu di ketahui bahwa ada beberapa dealer yang nantinya akan meminta dan tabah untuk mengganti biaya pembuatan kunci motor kalian.Sebab,bagaimanapun,kehilangan kunci adalah tanggung jawab pemilik sehingga akan lebih baik jika kunci dijaga dengan baik.

Meski solusinya mudah,sebenarnya kehilangan kunci motor ini tetap mungkin.Untuk mengasntisipasi hal ini,kalian harus selalu berhati-hati saat penyimpanannya.Pastikan juga untuk tidak menyepelekan kunci motor tersebut atau menaruhnya di sembarang tempat.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait