Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?

Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Untuk menjalankan kendaraan motor, ada berbagai jenis komponen yang bekerja sesuai fungsinya masing-masing, salah satu komponen penting yang perlu di jaga kondisinya dengan baik yaitu pelek motor.

Pelek motor perlu dirawat dengan berbagai tindakan, termasuk balancing. Mari intip artikel berikut untuk lebih memahami pentingnya balancing pelek pada kendaraan motor!

Mengenal Tentang Pelek Motor

BACA JUGA:Honda ADV160 Punya Warna Baru, Makin Elegan dan Tangguh

Sebelum mebahas tentang balancing pelek, ada baiknya kalian mengenal terlebih dahulu tentang komponen penting yang satu ini.

Bahan Umum Dalam Pembuatan Pelek

Secara umum, ada tiga jenis bahan yang biasa dipakai untuk pembuatan komponen pelek pada motor, setiap bahan tentunya memiliki karakter dan perbedaanya masing-masing, berikut merupakan penjelasan lebih lanjut.

Alumunium

Bahan pertama yang umum digunakan untuk membuat pelek yaitu alumunium. Cara membuatnya yaitu dengan memanfaatkan teknik cor, sehingga bobot yang dihasilkan cenderung cukup berat.

BACA JUGA:Tips Sederhana Merawat Velg Motor yang Wajib Anda Coba

Karbon

Bahan karbon juga dapat dimanfaatkan dan memiliki bobot yang lebih ringan dari kedua jenis bahan sebelumnya. Karena terbuat dari karbon, maka pelek jenis ini memiliki warna yang cenderung eksotik

Mengenal Tentang Balancing Pelek Motor

Menjaga komponen motor menjadi hal yang penting untuk dilakukan, termasuk pelek. Maka dari itu, sebaiknya kalian tidak mengabaikan proses balancing pelek.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: