Awas Putus! Cek Tanda-tanda Van Belt Motor Matic yang Sudah Wajib Diganti

Awas Putus! Cek Tanda-tanda Van Belt Motor Matic yang Sudah Wajib Diganti

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Bagi kalian pengendara motor matic harus memperhatikan kondisi motor kalian agar nyaman saat digunakan.

Ada beberapa tanda yang harus kalian perhatikan mengenai van belt motor matic kalian.

Pada motor matic van belt menjadi penghubung puli depan dan puli belakang dan memiliki peran seperti rantai motor yang menghubungkan gir di crankcase dengan gir di roda belakang.

BACA JUGA:Tips dan Trik Merawat Rantai Motor Supaya Tetap Gas Pol di Jalan

Berikut beberapa ciri bahwa van belt kalian minta segera diganti yang baru:

1. Kawat V-belt Sudah Berkarat

Tanda pertama waktunya ganti v-belt yaitu kawat pada v-belt kondisinya sudah berkarat. Jika tidak Anda ganti maka risiko kawat putus akan menjadi lebih besar. Jika kawatnya sudah berkarat namun karetnya masih cukup bagus, maka Anda tetap harus menggantinya.

2. V-belt Sudah Mulai Retak

BACA JUGA:Pelajari Tips Merawat Smartkey Anda, Dijamin Lebih Praktis!

Kondisi karet v-belt yang mulai retak juga menandakan Anda harus menggantinya. V-belt yang sudah retak tentunya berbahaya karena bisa memperbesar risiko putus. Jika sampai v-belt putus saat Anda berkendara tentunya bisa membahayakan keselamatan.

Sebab, Anda akan sulit mengendalikan keseimbangan motor dan membuat motor mogok. Saat van belt putus, Anda bahkan tidak akan bisa memajukan maupun memundurkan motor. Hal tersebut tentunya sangat merepotkan sehingga harus kita hindari sebisa mungkin.

3. V-belt Longgar

Tanda selanjutnya yaitu v-belt longgar yang menunjukkan bahwa performanya sudah menurun. V-belt longgar akan terlihat kendur dan mudah untuk Anda geser. Kondisi tersebut membuat perpindahan tenaga antara poros penggerak dan beban tidak efisien.

BACA JUGA:Mau Baterai Listrik Semakin Awet dan Tahan Lama? Sekarang Coba Pakai Cara Ini

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: