6 Tips Cuci Motor yang Benar untuk Pemula, Tolong Hindari 'Swirl Mark'!

6 Tips Cuci Motor yang Benar untuk Pemula, Tolong Hindari 'Swirl Mark'!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Cuaca yang sering hujan membuat mencuci motor di rumah menjadi pilihan yang populer di kalangan bikers. 

Namun, sebagian dari mereka mungkin belum yakin apakah cara mencuci motor yang mereka lakukan benar atau malah dapat merusak kendaraan. 

Untuk menghindari masalah seperti baret atau swirl mark, berikut beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari saat mencuci motor sendiri di rumah.

BACA JUGA:7 Trik Mencuci Motor Agar Cepat Kinclong, 90 Persen Kayak Baru Lagi!

1. Bilas dengan Air Bersih Terlebih Dahulu

Langkah awal yang sering terlupakan adalah membilas seluruh bagian motor dengan air bersih. Gunakan semprotan bertekanan sedang agar kotoran terlepas tanpa merusak lapisan pernis atau cat bodi motor. 

Hindari air tekanan tinggi, karena meskipun efektif membersihkan, dapat merusak permukaan cat.

2. Hindari Mencuci Tanpa Bilas Awal

Jangan mencuci motor langsung dengan memberi sabun tanpa membilas lebih dulu. Bilas awal penting untuk menghindari kerikil atau pasir yang menempel pada motor. Jika tidak, dapat menyebabkan goresan saat mencuci dan menyapu kotoran yang menempel.

BACA JUGA:Hujan Terus Bikin Malas Cuci Motor, Awas Ini 5 Dampak Negatifnya!

3. Gunakan Wadah dan Alat yang Berbeda untuk Bagian Atas dan Bawah Motor

Penting untuk menggunakan wadah air dan alat seperti kain atau spons yang berbeda untuk mencuci bagian atas dan bawah motor.

Ini mencegah kotoran dari bagian bawah motor ikut menempel pada alat yang digunakan untuk bagian atas, mengurangi risiko goresan saat proses pencucian.

4. Hati-Hati dengan Kain Lap atau Spons

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: