Inilah 10 Kecepatan Tertinggi dari MotoGP, Bisa Tembus 366,1 Km/Jam

Inilah 10 Kecepatan Tertinggi dari MotoGP, Bisa Tembus 366,1 Km/Jam

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sejak GP Mugello 2023, pembalap tim Red Bull KTM, Brad Binder, memegang rekor kecepatan tertinggi MotoGP.

Melihat perkembangan pesat kecepatan tertinggi di kelas utama roda dua.

Pada 10 Juni 2023, Brad Binder mencapai kecepatan luar biasa 366,1 km/jam dalam balapan sprint GP Italia di lintasan lurus start-finish sepanjang 1,141 km di Mugello, dan membawa rekor kecepatan tertinggi ke Red Bull KTM Factory Racing untuk kedua kalinya.

BACA JUGA:Pengalaman Riding Tempuh Jarak 60.000 Kilometer Ducati Di Tahun 2024

"Motor saya seperti roket, tim melakukan pekerjaan yang luar biasa," ujar pembalap asal Afrika Selatan ini.

"Saya selalu bisa menyalip pembalap lain di akhir lintasan lurus. Senang rasanya bisa menambah beberapa kilometer per jam. Sangat menyenangkan dan membuat proses menyalip menjadi lebih mudah."

Dari tahun-tahun sebelumnya, kami sudah terbiasa dengan fakta bahwa, selain "Autodromo Internazionale del Mugello", Sirkuit Internasional Lusail di dekat Doha juga secara teratur mencetak rekor kecepatan tertinggi absolut.

Namun, pada bulan November, angka 360 km/jam tidak tercapai pada Grand Prix kedua dari belakang di musim ini, yang juga berkaitan dengan fakta bahwa titik pengukuran kecepatan tertinggi di lintasan lurus start-finish telah dipindahkan sekitar 30 meter dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Nilai tertinggi dari GP Qatar 2023 adalah 356,4 km/jam (diukur oleh Enea Bastianini, Marco Bezzecchi, dan Johann Zarco; masing-masing di Ducati).

BACA JUGA:POLYTRON Fox-R Raih Kemenangan di Uzone Choice Award 2023

Berlawanan dengan harapan penyelenggara lokal, balapan perdana di India di Sirkuit Internasional Buddh yang cepat dan lancar di Greater Noida dekat Delhi juga gagal menghasilkan rekor kecepatan tertinggi untuk kelas utama - meskipun memiliki lintasan lurus sepanjang 1006 meter.

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaró, berhasil mencatatkan waktu 356,4 km/jam dengan motor RS-GP di Tissot Sprint.

Perkembangan kecepatan tertinggi di kelas MotoGP

Jika dilihat dari buku-buku sejarah, pada tahun 2002, tahun pertama era MotoGP, Tohru Ukawa (Honda) memegang rekor kecepatan dengan 324,5 km/jam.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: