All About Kabel: Begini Cara Penggunaan Heat Shrink Cable atau Kabel Bakar: Isolasi 'Sakti', Mudah Diaplikasi, Hasil Lebih Rapi!

All About Kabel: Begini Cara Penggunaan Heat Shrink Cable atau Kabel Bakar: Isolasi 'Sakti', Mudah Diaplikasi, Hasil Lebih Rapi!

Ingat hanya dipanaskan ya brad, jangan terlalu lama, nanti malah kebakar [email protected]


Isolasi bakar jadi solusi paling tepat untuk urusan sambungan perkabelan di motor kesayangan, penggunaannya juga praktis dan harganya murah|[email protected]|

"Pengen sambungan kabel lebih rapi? Gunakan saja heat shrink cable alias kabel bakar. Selain mudah digunakan, harga kabel ini juga murah, hanya Rp 10 ribu per meternya."

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Urusan isolasi masih jadi pelik Brad? apesnya rata-rata bengkel masih akrab menggunakannya isolasi rubber PVC.

Tapi ada beberapa bengkel yang sudah mulai menggunakan isolasi rubber PVC bakar, kalau bahasa wong londo nya heat shrink cable

Heat shrink cable adalah sebuah isolasi berbentuk tabung plastik yang akan menyusut jika dipanaskan. 

Heat shrink cable lebih dikenal dengan sebutan isolasi bakar

BACA JUGA:All About Kabel di Motor: Nih, Cara Pakai Isolasi saat Nyambung Kabel yang Benar, Cukup Sediakan Skrup atau Baut Kecil, Praktis Bro!

Fungsi isolasi bakar yaitu melindungi kabel, menutup bagian kabel yang terbuka, sebagai pengaman/pembungkus sambungan kabel, memberikan ketahanan abrasi dan perlindungan lingkungan. 

+++++

Fungsi heat shrink cable ini banyak dipakai bukan karena lebih efisien dari isolasi kabel biasa, namun karena sedap dipandang dan lebih rapi.

"Enakan pakai isolasi bakar, gampang dan hasilnya rapih, murah pula, paling semeter Rp 10 ribu, untuk yang ukuran 3 mm,"kulik Gana Pangestu, pemilik sekaligus mekanik Wangsing Garage di bilangan Palmerah Utara.

Kelebihan utama dari isolasi bakar ini yaitu lebih tahan panas, bahkan bisa sampai 1.250° Celcius, sehingga relatif aman digunakan di area-area panas semisal yang terkontak dengan mesin.

Cara menggunakan isolasi bakar ini cukup mudah cukup memotongnya sesuai kebutuhan lalu memanaskannya. 

BACA JUGA:MotoGP 2022: Quartararo Khawatirkan Kecepatan 4 Rider Honda dan Sebut-sebut Karakter RC213V 2022: 'Tampak Berbeda'

Sumber: motorexpertz