MotoGP Mandalika 2022: Terungkap! Jadi Ini Alasan Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro Tak Penuhi Undangan Presiden Jokowi ke Jakarta

MotoGP Mandalika 2022: Terungkap! Jadi Ini Alasan Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro Tak Penuhi Undangan Presiden Jokowi ke Jakarta


Fabio Quartararo sukses meraih gelar juara dunia berkat konsistensinya|MotoGP|

Kira-kira kenapa ya, usai kritik sirkuit Mandalika, Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro nggak hadir di Istana Merdeka, Jakarta

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.com - Usai mengkritik sirkuit Mandalika, Lombok, Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo di antara pembalap yang absen berkunjung ke Istana Merdeka di Jakarta.

Saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika Februari 2022 lalu, kesan pertama beberapa pembalap memang kurang mengenakan.

Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo, dua pembalap MotoGP yang paling kritis soal beberapa hal yang mengganggu kenyamanan dan keamanan pembalap di sirkuit Mandalika.

Hari pertama setelah diguyur hujan hingga mengering, ternyata lintasan sirkuit Mandalika berdebu dan memerlukan pembersihan di tengah-tengah sesi.

BACA JUGA:MotoGP 2022: Gokil! Begini Loh, Perjalanan Aprilia dari Noale ke Seluruh Dunia Sebagai Legenda Balap

Total selama 45 menit kru maintenance sirkuit Mandalika melakukan pembersihan trek.

Nggak berhenti sampai di situ, hari kedua dan ketiga, setelah racing line terbentuk oleh para pembalap, aspal sirkuit Mandalika menyembabkan kerikil terkikis.

Sejumlah pembalap mengaku sangat terganggu dengan hempasan kerikil dari rider di depannya.

Francesco Bagnaia jadi korban di mana lengan kirinya mengalami memar usai menjalani tes di hari ketiga.

BACA JUGA:Keren! Yamaha MX King Tampil Beda dengan Warna Baru yang Asymetrical

+++++


Aleix Espargaro sebut aspal sirkuit Mandalika tak layak untuk balapan jika tak ada pelapisan ulang|MotoGP|

Setelah pengujian, semua pihak melakukan evaluasi terutama soal kondisi lintasan sirkuit.

Espargaro dan Quartararo sangat setuju jika sirkuit ini butuh pengaspalan ulang dari tikungan 17 sampai tikungan 5.

“Terutama, saya kira dari T1 sampai T7, ada banyak debu beterbangan di sana. Untuk balapan nanti, ini semua harus dibenahi, terutama di T1, karena ini benar-benar bencana. Memang treknya aman, masalahnya adalah debu dan kerikil di sirkuit ini,” ucap Fabio Quartararo.

Sirkuit Mandalika Selesai Pengaspalan Ulang

ITDC selaku pengembang sirkuit Mandalika, menyetujui jika sirkuit ini harus dilakukan perbaikan sesuai permintaan Dorna Sport dan masukan pembalap.

BACA JUGA:MotoGP Mandalika 2022: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Telah Rampung, Begini Potret Terbarunya Bradsis, Keren!

Singkatnya, tepat hari Rabu 9 Maret 2022 kemarin, ITDC mengonfirmasi, bahwa pengaspalan ulang sirkuit Mandalika telah selesai sesuai target.

"Selamat sore! Kami punya kabar gembira nihnih, Sahabat. Saat ini progress pengaspalan ulang main track Pertamina Mandalika International Circuit dengan Stone Mastic Asphalt atau SMA sepanjang 1,2 km yang dimulai dari tikungan 17 sampai dengan tikungan 5 sudah selesai sesuai target," tulis ITDC_ID dalam unggahan Instagram resminya.

Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo Absen ke Istana Merdeka Jakarta

Menteri BUMN, Erick Thohir sebelum telah mengonfirmasi bahwa akan ada 16 pembalap MotoGP dengan tambahan empat rider dari kelas Moto2, Moto3 dan Asia Talent Cup, bakal memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Total akan ada 20 pembalap MotoGP yang akan berkunjung ke Jakarta dan direncanakan akan melakukan parade bersama Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Makin Sangar, Sudah Pakai ABS dan Fitur Navigasi, Ini 3 Warna Baru Royal Enfield Himalayan

+++++
Resmi, 20 pembalap MotoGP akan hadir di Istana Merdeka, Jakarta, untuk melakukan parade bersama Presiden Jokowi|MotoGP|

Namun, di antara 20 pembalap MotoGP yang hadir, Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo berhalangan hadir.

Banyak MotoGP mania yang menduga bahwa nggak hadirnya Quartararo dan Espargaro berkaitan dengan kritikan mereka terhadap sirkuit Mandalika.

Namun, dikutip dari Okezone Sport, pihak MGPA menyebutkan bahwa absennya kedua pembalap itu karena terkendala perbedaan jadwal.

"Jadwal mereka berbeda. Beda-beda juga sampai sampai Jakarta jadwalnya," kata Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wada.

BACA JUGA:Keren, Yamaha GEAR 125 Punya 5 Warna Baru, Makin Aktif dan Modern

BACA JUGA:Mengerikan! Kecelakaan Pengendara Jupiter MX King Diseruduk Mobil Pickup di Persimpangan Sleman

Selain kedua pembalap tersebut, Franco Morbidelli, Maverick Vinalea dan keempat pembalap pabrikan dan satelit KTM juga tak bisa ikut karena jadwal mereka berbeda.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: