Hah! Bagaimana Bisa Sensor O2 Bikin Irit BBM Motor Kesayangan? Simak Penjelasan dari yang Ahlinya

Hah! Bagaimana Bisa Sensor O2 Bikin Irit BBM Motor Kesayangan? Simak Penjelasan dari yang Ahlinya


Sensor O2 ini nggak boleh kotor, bradsis!||ThumperTalk

Sensor O2 dikenal komponen sepeda motor yang cukup vital saat ini. Kalau Sensor O2 ini bermasalah, dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar bensin jadi nggak irit lagi, bradsis.

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.com - Teknologi sepeda motor yang saat ini semakin berkembang, mengutamakan sistem injeksi yang didukung oleh Electronic Control Unit (ECU).

Namun, agar ECU dapat mengoperasikan sistemnya, di bebebrapa bagian diperlu sebuah sensor yang berfungsi untuk membaca, baik pergerekan motor dan kebutuhan mesin.

Salah satunya adalah sensor O2 yang dipasang pada bagian leher knalpot atau exhaust dari hasil pembakaran di ruang mesin.

Sensor O2 berguna untuk membaca dan melapor seberapa besar kebutuhan bahan bakar yang akan disemburkan oleh injektor, ketika proses pembakaran.

BACA JUGA:Seberapa Kuat Daya Tahan Forged Piston untuk Motor Harian? Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Buntut Kecelakaan Brutal Marc Marquez di Mandalika, Pantaskah Michelin Disalahkan?

Saking pentingnya sensor O2 yang saat ini digunakan hampir di semua sepeda motor, sistem O2 akan mengatur pasokan bahan bakar agar sesuai yang dibutuhkan pada ruang pembakaran.

"O2 sensor ini berfungsi mendeteksi sisa O2 pembakaran dan O2 dari udara luar," kata Cahyadi, Service Advisor Yamaha Amie Jaya Motor di Depok, Jawa Barat.

+++++


Sensor O2 ini nggak boleh kotor, bradsis!||ThumperTalk

"Sensor ini kemudian akan mengirimkan sinyal untuk menentukan takaran bahan bakar ideal di ruang pembakaran," lanjutnya, sebagaimana dikutip dari MotorPlus.

Cara kerja sensor O2 dapat membandingkan jumlah O2 dari udara luar dengan O2 sisa pembakaran.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: