Biar Rantai Gak Cepat Kendur, Begini Cara Perawatannya Bradsis!

Biar Rantai Gak Cepat Kendur, Begini Cara Perawatannya Bradsis!


Tips Merawat rantai agar cepat awet|M. Ichsan|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Rantai juga merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor tipe bebek maupun tipe sport.

Rantai roda berperan meneruskan daya dari hasil kinerja mesin ke roda belakang sehingga menghasilkan energi gerak pada sepeda motor.

Agar kinerja rantai tetap maksimal, tentunya harus dilakukan perawatan yang baik supaya tidak cepat kotor, kering dan kendur.

BACA JUGA:Rossifumi Merapat, Rantai DID Edisi VR46 Kini Hadir di Indonesia, Pakai Teknologi X-Ring

BACA JUGA:Gokil! Arief Muhammad Digeruduk Para Artis, yang Komen Langsung Dikirimin Hampers Vespa, Tengok Detail-detailnya

“Sebetulnya acuan untuk merawat rantai itu sudah ada, seperti untuk beberapa beberapa tipe (motor) tertentu 500 km harus dikasih chainlube atau dibersihkan. Tapi penggunakan motor di setiap orang berbeda-beda, ada yang setiap hari, ada juga yang jarang dipakai atau seminggu sekali,” buka Insan santoso, selaku Supervisor Marketing PT. Daido Indonesia Manufacturing, Rabu 13 April 2022.

“jadi tergantung pemakaian, dan jika sewaktu-waktu motor kena air hujan itu juga harus langsung dibersihkan, karena bisa berpotensi karat dan akan menganggu grease yang ada di rantai,” jelas Insan.

+++++


Tips Merawat rantai agar cepat awet|M. Ichsan|

“Kalau bisa bersihkan pakai chainlube dan chain cleaner, jangan menggunakan oli bekas, karena justru oli bekas itu mengandung serpihan besi. Jika dioleskan ke rantai justru akan menambah friksi yang membuat rantai cepat rusak,” terangnya.

BACA JUGA:Hikmah Dipermalukan Honda RC213V, Kini Marc Marquez Makin Percaya Diri Pasca MotoGP Amerika

BACA JUGA:Tercepat di GP Amerika 2022,Enea Bastianini: Ini Kemenangan Fantastis Meskipun Saya Balap Seperti Rookie

Insan juga menegaskan, dalam pemilihan chainlube dan chain cleaner juga harus hati-hati, karena ada beberapa yang mengandung bensin dan minyak tanah. Hal ini bisa mengganggu seal di beberapa jenis rantai.

“Seal itu berbahan karet, jika terkena minyak tanah biasanya keras dan mengembang. Artinya bisa membuat seal rusak dan rantai menjadi kaku,” pungkasnya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: