Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara

Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara


Tips Berkendara Aman dan Nyaman |M. Ichsan|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik.

Salah satu contohnya adalah ketika seorang pengendara tidak dalam kondisi kesehatan yang baik maka pengendara tidak memungkinkan untuk bisa berkonsentrasi dengan baik saat mengontrol motor di jalan raya.

BACA JUGA:Pembayaran Balap 2021 Belum Kelar, Tim Balap Stylobike Tagih Hutang ke Mandalika Racing Team

BACA JUGA:Hasil MotoGP Spanyol 2022: Pecco Bagnaia Superior, Aleix Espargaro Terlalu Cerdik

Karena berkendara menggunakan sepeda motor itu membutuhkan beberapa aspek di dalam diri pengendara mulai dari pengalaman, skill atau keterampilan berkendara, pengetahuan, dan salah satu yang terpenting adalah aspek kesehatan.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Demmy Firmansyah menjelaskan, salah satu contoh paling kecil dari faktor kesehatan lainnya adalah kurang siapnya tubuh pengendara dalam berkendara secara baik.

BACA JUGA:Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2022: Pecco Bagnaia Sabet Pole, Quartararo Tempel Ketat!

BACA JUGA:Siap Kawal Pemudik, Ini Dia Lokasi AHASS Jaga dan Bale Santai Honda Wahana

Maka dengan reflek yang kurang dapat menyebabkan seorang pengendara mengalami kecelakaan saat menggunakan sepeda motor.

Salah satu cara yang paling baik dalam mengatasi tubuh yang belum siap mengontrol motor ataupun meningkatkan reflek ketika berkendara adalah melakukan pemanasan ringan sebelum berkendara.

Dengan melakukan pemanasan ringan maksimal 5-10 menit mulai dari bagian kepala, tangan, lengan, hingga kaki dapat membuat seluruh tubuh menjadi siap secara fisik dan mental sehingga membantu reflek pengendara menjadi baik saat melakukan manuver-manuver Ketika berkendara.

+++++


Tips Berkendara Aman dan Nyaman |M. Ichsan|

Banyak sekali potensi bahaya yang bisa saja tidak teridentifikasi dari sejak dini oleh pengendara di jalan raya, sehingga jika persiapan sebelum berkendara dengan melakukan pemanasan dilakukan terlebih dahulu, maka pengendara dapat mengambil keputusan dan pengoperasian sepeda motor secara tepat.

Tidak hanya meningkatkan reflek pengendara, pemanasan juga berfungsi sebagai pengecekkan anggota tubuh dalam kondisi yang fit.

Jika ada salah satu bagian tubuh yang sakit, maka pengendara dapat merasakannya lebih dini saat pemanasan sedang dilakukan.

BACA JUGA:Bikin Ngakak! Fabio Quartararo: Saya Bisa Punya Anak Secara Normal

BACA JUGA:Mantap, Sirkuit Mandalika Jadi Salah Satu Tuan Rumah TVS Asia One Make Championship

Sehingga pengendara dapat menjaga gerak tubuh saat berkendara, karena rasa sakit pada salah satu bagian tubuh kita saat berkendara akan mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

“Kita tidak perlu melakukan pemanasan yang terlalu lama atau menguras banyak tenaga, karena saat menggunakan motor pun kita mengeluarkan banyak tenaga,” ujar Demmy.

Pemanasan disini hanya pemanasan ringan untuk sekedar meregangkan otot-otot di tubuh kita agar semakin siap ketika mengendarai sepeda motor,” tambahnya.

BACA JUGA:Marc Marquez Akui Mulai Berani Ambil Risiko di Jerez, Nggak Trauma, Kah?

BACA JUGA:Mantap, Bulan Depan, Ducati Kembali ke Indonesia

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting yang harus kita rasakan ketika berkendara. Namun keselamatan berkendara harus tetap terjaga dengan tidak melupakan faktor yang lain seperti emosi, etika, pengetahuan dan pengalaman saat berkendara.

Serta jangan lupa untuk selalu menggunakan helm dan jaket kemanapun kita berpergian menggunakan sepeda motor, selalu #Cari_Aman saat berkendara.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: