FIM MiniGP Indonesia Series, Jenjang Pembalap Muda Indonesia Ke Pentas Dunia

FIM MiniGP Indonesia Series, Jenjang Pembalap Muda Indonesia Ke Pentas Dunia


FIM MiniGP Indonesia Series siap digelar|M. Ichsan|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM- Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama PT. Sport Talenta Indonesia (STI) resmi akan menggelar pembibitan pembalap ‘Road to MotoGP yang bertajuk FIM MiniGP Indonesia Series mulai bulan Juli 2022 mendatang.

Seperti diketahui, FIM MiniGP Indonesia Series merupakan program langsung dari Dorna Sport, selaku penyelenggara MotoGP yang diperlombakan di beberapa negara di seluruh dunia, dengan rentang peserta 10-14 tahun.

BACA JUGA:Ribuan Bikers Harley Siap Turing Lintas Sumatera Menuju Sumatera Bike Week 2022 di Bukit Tinggi

BACA JUGA:Bertarung Tingkat Nasional, 56 SMK Binaan Wahana Siap Ikut AHMBS 2022

Nantinya dari seri di setiap negara yang menggelar FIM MiniGP ini akan diambil 2 pembalap terbaik yang akan diperlombakan pada babak final di Valencia, Spanyol.

“Sedih juga saat menyaksikan balap MotoGP, WSBK di Mandalika, kita punya sirkuit, tapi pembalap kita tidak (banyak) berpatisipasi. Semoga dengan adanya FIM MiniGP Indonesia Series dengan waktu gak terlalu lama lagi kita akan melihat anak-anak kita bisa berlaga di MotoGP suatu saat nanti,” ujar Bambang Soesatyo, selaku Ketua Umum IMI Pusat dalam sambutannya, Jumat 3 Juni 2022.

BACA JUGA:Resmi Perpanjang Kontrak, Fabio Quartararo Tak Nyangka Begitu Mudah Dipercaya Yamaha

BACA JUGA:Korlantas Bakal Terapkan ETLE Mobile, Gunakan Kamera Handphone Untuk Tilang Pelanggar Lalulintas

Sementara itu, menurut Happy Harinto, selaku Direktur Utama STI, ajang FIM MiniGP Indonesia Series ini merupakan peluang bagi pembalap muda Indonesia yang berjengjang hingga ke MotoGP.

“Ini adalah jenjang untuk masuk ke MotoGP, seperti nanti bisa masuk ke Asia Talent Cup, Red Bull Rookies Cup, atau ke JuniorGP dan nanti ke Moto3, Moto2 baru MotoGP,” terang Happy.

“Banyak pembalap dunia yang lahir dari program Dorna ini, seperti Marc Marquez, Johann Zarco, Casey Stonerm Dani Pedrosa dan lainnya. Mudah-mudahan 3 atau 4 tahun ke depan ada pembalap kita yang berlaga di sana (MotoGP),” tambahnya.

+++++


FIM MiniGP Indonesia Series siap digelar|M. Ichsan|

Sementara itu, Harlan Fadhillah sebagai Direktur STI mengatakan, biaya dan pendaftaran FIM MiniGP Indonesia Series ini gratis dan para pembalap juga sudah disiapkan motor, wearpack juga helm.

“Pendaftaran gratis, dan saat ini sudah ada 35 anak yang mendaftar. Mereka berasal dari 15 racing school yang ada di Indonesia. Nantinya kita akan seleksi untuk mengambil 15 terbaik untuk ikut FIM MiniGP Indonesia Series sebanyak 6 Putaran ini,” jelas Harlan kepada tim ME.

BACA JUGA:Pablo Nieto Pagari 2 Pembalap Mooney VR46 Racing, Terutama Juara Dunia Moto2 Ini: 'Dia akan Menjadi Rebutan Semua Pabrikan'

BACA JUGA:Lewat FIFGROUP, Yayasan AHM Berikan Suntikan Dana Buat Pebengkel Binaannya

“Untuk motor yang digunakan adalah Ohvale GP-O berkapsitas 160 cc. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan spesifikasi full racing dan sama dengan yang akan dipakai pada final di Valencia nanti,” pungkasnya.

Berikut jadwal FIM MiniGP Indonesia Series 2022:

Putaran 1, 16 Juli 2022, Sirkuit Sentul International Karting, Bogor

Putaran 2, 17 Juli 2022, Sirkuit Sentul International Karting, Bogor

Putaran 3, 13 Agustus 2022, Sirkuit Sentul International Karting, Bogor

Putaran 4, 14 Agustus 2022, Sirkuit Sentul International Karting, Bogor

Putaran 5, 24 September 2022, Sirkuit Sentul International Karting, Bogor

Putaran 6, 25 September 2022, Sirkuit Sentul International Karting, Bogor

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: