Jangan Dianggap Sepele, Biar Gak Tekor, Ini 7 Tips Merawat Aki Sepeda Motor

Jangan Dianggap Sepele, Biar Gak Tekor, Ini 7 Tips Merawat Aki Sepeda Motor


Aki resmi Yamaha|Yamaha|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM- Baterai atau aki memegang peranan yang sangat penting baik sebagai penyuplai sekaligus menyimpan arus kelistrikan yang digunakan untuk menyalakan sistem eletrikal pada sepeda motor.

Di antaranya, seperti sistem starter, pompa injeksi, penerangan, hingga pembakaran pada mesin.

BACA JUGA:Marc Marquez Akui Tutupi Rencana Operasi Keempat Sejak Tahun Lalu: Saya Meyakinkan Diri Sendiri

BACA JUGA:Catat Tanggalnya, Bulan Depan PARJO 2022 Siap Digelar di TMII

Pada umumnya, terdapat 2 (dua) tipe aki yang biasa digunakan pada sepeda motor yaitu tipe aki basah dan kering.

Aki yang pada umumnya digunakan sepeda motor injeksi saat ini adalah aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau dapat juga disebut Maintenance Free (MF), karena perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan tipe aki basah.

BACA JUGA:Alex Marquez Bergabung di Gresini Racing, Ini Tanggapan Aspira Sebagai Sponsor

BACA JUGA:Sindir Kinerja Stewards, Fabio Quartararo Tak Setuju Dapat Penalti Gegara Insiden di Assen

Mengingat peran vital aki, maka sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Yamaha akan membagikan beberapa tips perawatan aki secara rutin pada sepeda motor, sebagai berikut :

1. Hindari menggunakan aksesoris motor yang berkaitan dengan kelistrikan secara berlebihan. 

Konsumen masa kini semakin gemar menggunakan aksesoris motor, namun jika memakai aksesoris yang berkaitan dengan kelistrikan dalam jumlah banyak.

Khususnya pada lampu-lampu sepeda motor dapat membebani kinerja aki dan menggugurkan garansi resmi Yamaha.

+++++


Aki resmi Yamaha|Yamaha|

2. Pastikan voltase aki baik tipe kering atau basah sesuai dengan standar tegangan pada buku manual.

Jika dibawah angka yang disarankan pada buku manual, maka aki tersebut sebaiknya di charge kembali.

3. Periksa kondisi aki, bersihkan jika terdapat kotoran atau kerak pada terminal-nya.

BACA JUGA:Dukung Langsung Crosser Indonesia, Wahana Ajak Komunitas Nobar MXGP Samota

BACA JUGA:Berbagi Kebahagiaan Jelang Ulang Tahun, WAG Bagi-bagi 50 Kaki Palsu

Jika tidak, maka aki dapat bermasalah atau biasa disebut soak sehingga akan menyebabkan terganggunya kinerja beberapa system.

Bahkan menyebabkan sepeda motor tidak berfungsi atau mogok.

4. Hindari penggunaan starter elektrik secara paksa.
Jika motor susah dihidupkan, jangan memaksa penggunaan starter eletrik karena akan membuat aki soak.

BACA JUGA:Aleix Espargaro Finis Mengesankan di Assen, Francesco Bagnaia: Saya Lebih Baik darinya

BACA JUGA:Ini Alasan IMI Pusat, Tidak Rekomendasikan Sirkuit Formula E, Ancol Untuk Balap Sepeda Motor

Sebaiknya cek kondisi motor terlebih dahulu atau kunjungi bengkel resmi terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

5. Pastikan kunci kontak motor dalam kondisi off, saat mesin motor mati.

Jika kunci kontak pada posisi on saat mesin motor dalam keadaan mati, maka akan mengambil daya aki.

6. Mesin motor yang jarang digunakan, disarankan untuk tetap dipanaskan.

Jika motor jarang dipakai, usahakan sepeda motor untuk tetap dipanaskan atau digunakan jalan selama 10 – 15 menit meskipun motor tidak digunakan.

Jika ditinggal lama, sebaiknya mencopot kabel negative pada aki agar aki lebih tahan lama.

+++++


Aki resmi Yamaha|Yamaha|

7. Menggunakan aki sesuai spesifikasi sepeda motor

Setiap aki pasti memiliki masa pakai, jika sudah mencapai masa tersebut maka aki wajib diganti.

Karena meskipun dicharger ulang, biasanya aki sudah tidak bisa menyimpan arus.

Jika hal tersebut terjadi gantilah aki sesuai spesifikasi bawaan sepeda motor atau sesuai kapasitas yang dibutuhkan
Namun, jika kondisi aki sudah menunjukan gejala soak, biasanya ditandai dengan starter yang lemah, kedipan lampu sein melambat, suara klakson kecil, bahkan layar speedometer menjadi buram atau mati total.

BACA JUGA:MXGP Samota, Jadi Momentum Promosikan Wisata NTB Kepada Dunia

BACA JUGA:Hasil MotoGP 2022, Assen: Bagnaia Tak Tersentuh, Murid Rossi Podium, Duo Aprilia Mengagumkan

Maka, penanganan pertama coba isi daya aki jika masih drop ganti aki untuk mencegah motor mati mendadak atau mogok saat digunakan.

“Yamaha terus berupaya meningkatkan kualitas berkendara para konsumen roda dua di Indonesia. Selain menyediakan sepeda motor yang unggul, Yamaha juga memberikan pelayanan after sales yang mumpuni sekaligus menyediakan produk-produk Spare Part Asli Yamaha, salah satunya aki sebagai komponen yang sangat penting pada sepeda motor," ujar Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Dengan terus mengutamakan kualitas pada setiap produk Yamaha, kami harap konsumen Indonesia dapat terus menikmati pengalaman berkendara roda dua yang menyenangkan bersama Yamaha,” tambahnya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: