Gak Perlu Takut, Ini Tips Mudah Belajar Motor Untuk Pemula

Gak Perlu Takut, Ini Tips Mudah Belajar Motor Untuk Pemula


Tips belajar sepeda motor|yamaha|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM- Karena mudah digunakan dan terjangkau, sepeda motor menjadi alat transportasi penting yang mengantarkan penggunanya melakukan aktivitas ke tempat tujuan.

Bagi pemula yang baru menggunakan sepeda motor, tentunya perlu memperhatikan sejumlah poin yang mendukung kelancaran berkendara. Hal ini juga bertujuan supaya mereka menikmati kegiatan berkendara menggunakan sepeda motor di jalanan.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif: Tukijan 'Bos' ARM Motor di Pulogadung Jakarta Timur, Bermula dari Aksesori Kini Jadi Tempat Modifikasi Andalan Bikers

BACA JUGA:Kasih Paham! Ada 3 Jenis Bahan Kampas Rem Motor: Organik, Semi-Metal dan Sinter, Nomor 1 Gak Awet, Karena....

”Dan tentunya untuk keselamatan berkendara di jalanan, pengendara pemula membutuhkan sejumlah panduan seperti yang kali ini diberikan oleh Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah. Jangan lupa pakai safety gear yang lengkap dan patuhi peraturan lalu lintas,” ujar Herwin Sinaga, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah.

Berikut tips berkendara sepeda motor bagi pemula dari Herwin Sinaga, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah :

1.Riding position / posisi berkendara

-Pandangan luas ke depan untuk melihat situasi di depan yang akan digunakan untuk melakukan tindakan selanjutnya.

BACA JUGA:Dorna Sepakat, Suzuki Resmi Mundur dari MotoGP dan EWC Mulai 2023, Nasib Joan Mir dan Alex Rins Jadi Sorotan!

BACA JUGA:Gak Ada Engine Brake! Begini 8 Teknik Pengereman di Skutik saat Melintas di Jalan Menanjak dan Menurun, Biar Aman dan Nyaman Bradsis!

-Bahu relaks, hindari terlalu tegap dan tegang.

-Tangan relaks, siku membentuk sudut (posisi tangan seperti memeluk sebuah bola besar).

-Telapak tangan memegang handle dengan relaks.

-Posisi duduk disesuaikan dengan tinggi badan dan relaks (hindari terlalu tegap / lurus karena akan membuat tubuh mudah lelah).

+++++


Tips belajar sepeda motor|yamaha|

-Lutut menjepit / mendekap tangki untuk motor sport, sedangkan untuk motor matik posisi kaki / lutut masih di dalam area body motor, hindari kaki terbuka karena akan mengurangi keseimbangan dan potensi terkena kendaraan lain saat kondisi macet.

-Posisi telapak kaki lurus ke depan, ini memudahkan dalam melakukan pengereman dan juga perpindahan gear (untuk tipe motor sport dan bebek).

BACA JUGA:Piaggio Indonesia Buka Diler Motoplex 4 Brand Baru di Kebon Jeruk, Jakarta, Ini Promo Menariknya

BACA JUGA:Diluncurkan Wahana di JFK2022, ADV160 Kini Sudah Bisa Dipesan di Jakarta-Tangerang

2.Pengereman

-Konsentrasi, pastikan kondisi di depan jaraknya cukup untuk melakukan pengereman dan tentukan titik mulai pengeremannya.

-Gunakan rem depan dan belakang secara halus dan bersamaan.

-Pastikan posisi motor dalam keadaan lurus (terutama untuk kecepatan menengah sampai tinggi).

BACA JUGA:Karier Pol Espargaro Malah Makin Merosot, Menyesal Gabung Repsol Honda Nih?

BACA JUGA:Sangar! Top Speed Ducati V21L Bisa Tembus 275 Km/Jam, Diklaim Siap Rajai Balapan Motor Listrik MotoE Tahun Depan!

3.Saat akan melewati tikungan / berbelok

-Sebelum tikungan, kurangi kecepatan (tutup gas, menurunkan gear, gunakan rem kombinasi depan dan belakang, ini dilakukan sebelum memasuki tikungan. dan pandangan melihat ke arah tikungan).

-Selama melewati / berada di tikungan, gunakan kecepatan yang bisa kita kendalikan, hindari menurunkan gear atau melakukan pengereman yang keras (hard braking), ini akan membuat keseimbangan motor berkurang.

-Saat keluar tikungan, pandangan ke depan melihat target yang dituju dan mulai menambah kecepatan (buka gas).

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: