Tips Menambah Usia Pakai Bearing Roda, Cuma Perhatikan 4 Hal Ini

Tips Menambah Usia Pakai Bearing Roda, Cuma Perhatikan 4 Hal Ini


Bearing SKF Indonesia|M. Ichsan|

TANGERANG, MOTOREXPERTZ.COM- Bearing merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar dua komponen mesin yang bergerak, serta memperlancar putaran pada poros yang berputar terhadap komponen yang diam.

Sebagai produsen bearing yang sudah diakui kualitasnya, SKF Indonesia coba berbagi tips agar usia pakai bearing, khususnya di bearing roda menjadi tahan lama dan lebih awet.

BACA JUGA:Turing Merdeka HPMC, Napak Tilas Lokasi Bersejarah di Indonesia

BACA JUGA:Marc Marquez Gak Sabar Ingin Balapan dengan Motor Terkencang

“Bagaimana agar bearing itu biar awet, pertama harus dijaga kebersihannya, gak boleh asal dipasang dan kedua cara memasang bearing yang salah itu bisa membuat bearing cepat rusak,” ujar Muhammad Abiyyu Hanif, selaku Application Enginer SKF Indonesia, Sabtu 20 Agustus 2022.

“Ketiga, kadang di bengkel sering dikasih gemuk (grease). Itu sebenarnya gak boleh dikasih sembarangan, kita sudah punya hitungan tersendiri untuk gemuk dan pabrik kita sudah suplia sekian gram, itu gak boleh ditambah atau dikurangin,” tambahnya.

BACA JUGA:Gak Puas Dengan Motor Balapnya, Fabio Quartararo Sebut Yamaha Terlalu Berhati-Hati

BACA JUGA:Ditinggal Pol Espargaro Musim Depan, Repsol Honda Kian Dekat dengan Joan Mir

Muhammad Abiyyu Hanif juga mengatakan, cara pemakaian dari kendaraan tersebut juga berpengaruh dengan awet atau tidaknya bearing, karena jika sering menghajar lubang di jalan rusak itu juga berpengaruh dengan masa pakai bearing.

“Terakhir atau ke empat, beban berlebih juga berpengaruh karena bearing akan terbebani. Jadi pakai sesuai dengan aplikasinya atau porsinya dari kendaraan,” jelasnya.

+++++


Bearing SKF Indonesia|M. Ichsan|

Selain itu, Muhammad Abiyyu Hanif juga mengatakan SKF Indonesia juga sudah dipercaya sebagai produsen produk OEM (Original Equipment Manufacturing) oleh pabrikan kendaraan yang ada di Indonesia.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: