Terlihat Sepele, Ternyata Ini Fungi Utama Pentil Ban Motor

Terlihat Sepele, Ternyata Ini Fungi Utama Pentil Ban Motor


Pentil motor ternyata menyimpan berbagai kegunaan|Wahana Honda Motor|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Part satu ini jarang diperhatikan oleh para pengendara, sebab pentil atau valve cap berukuran sangat kecil. Oleh sebab itu, banyak yang tidak tahu fungsi dari benda tersebut.

Pentil motor atau valve cap meskipun  bentuknya kecil  memiliki peran peran besar  pada  sebuah ban.  Ia juga memiliki beberapa manfaat  bagi nyamannya  laju  ban motor yang digunakan. 

BACA JUGA:Sah! Harga BBM Naik, Tarif Ojol Ikut Naik

BACA JUGA:Kembali ada Demo Kenaikan BBM, Ini Rekayasa Lalulintas di Patung Kuda, Monas

Jika di jalan Polisi kebetulan memeriksa kendaraan Anda, dan tak menemukan pentil menempel pada tempatnya. Dipstikan, anda bisa kena tilang polisi. 

Akan tetapi, menurut Wahana Honda Motor tidak hanya berfungsi untuk terhindar dari tilang. Namun, banyak kegunaan lainnya, berikut catatannya.

Cegah Kotoran Masuk

BACA JUGA:Ini Dia Lokasi Samsat Keliling Jabedetabek 8 September 2022

BACA JUGA:MotoGP Kembali ke Malaysia, Marc Marquez Dipastikan Balap di Sirkuit Sepang

Saat ingin mengurangi angin ban, bisa dilakukan dengan menekan bagian penonjok pada tengah pentil. Dengan cara ini, udara dari dalam ban akan segera keluar. Tanpa ditekan atau tertusuk benda tajam, ban tidak akan mengempis, termasuk ketika pentil tidak diberi tutup.

Namun begitu, pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemasukan kotoran atau benda asing. Misalnya debu, pasir, benda keras, atau kotoran lainnya yang berserakan di perjalanan.  Ketika pentil tidak ditutup dan kemudian benda asing masuk, akan berakibat mengotori sil karet.

BACA JUGA:MotoGP Kembali ke Malaysia, Sirkuit Sepang Siap Sambut Penggemar MotoGP Indonesia

BACA JUGA:Mantap, Arab Saudi Resmi Gelar Balapan MotoGP di 2023

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda