Motor Boros BBM? Salah Satu Tanda Busi Harus Diganti

Motor Boros BBM?  Salah Satu Tanda Busi Harus Diganti


Selalu cek warna kepala busi salah satu Cara Mudah Rawat Busi Motor dari Diler Yamaha PT Thamrin Brothers||PT Thamrin Brothers

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Busi menjadi komponen penting dalam sepeda motor. Meski bentuknya kecil, dia berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.

Meskipun demikian, bentuknya yang kecil sering kali membuat para pengguna kendaraan motor tidak memperhatikan kondisinya. Padahal, komponen ini harus dipantau secara berkala untuk menghindari berbagai kendala saat sedang berkendara.

BACA JUGA:RORI Sukses Gelar One Ride 2022 Secara Serentak di Berbagai Kota Besar di Indonesia

BACA JUGA:Mantap, GIIAS Surabaya 2022 Berhasil Penuhi Misi GAIKINDO

Salah satu ciri busi motor sudah lemah dan harus diganti adalah konsumsi BBM menjadi lebih boros dari biasanya. Pembakaran yang kurang sempurna akibat kondisi misfire yang dihasilkan karena busi rusak bisa membuat endapan kotoran pada ujung insulator busi atau elektroda. 

Jika demikian, otomatis pemakaian bahan bakar pun jadi semakin boros. Hal ini dikarenakan percikan api yang dihasilkan sangat kecil, sehingga tidak bisa membakar secara sempurna.

BACA JUGA:Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Polda Metro Jaya 21 September 2022

BACA JUGA:Bos Ducati Lebih Suka Bagnaia yang Juara di MotoGP Aragon 2022 Ketimbang Bastianini, Ada Apa ?

Maka dari itu, Bradsis harus lebih sering mengecek kesehatan dari busi motor kalian. Mengutip dari laman resmi Wahana Honda Motor, terdapat lima ciri busi motor yang rusak, berikut ulasannya:

+++++


Selalu cek warna kepala busi salah satu Cara Mudah Rawat Busi Motor dari Diler Yamaha PT Thamrin Brothers||PT Thamrin Brothers

1.Hitam dan Kotor

Elektroda busi berwarna hitam mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara. 

Sumber: wahana honda motor