Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah Hasilkan Energi Terbarukan

Karya Terbaik AHM Best Student 2022, Daur Ulang Limbah Hasilkan Energi Terbarukan


AHM Best Student 2022 yang mengangkat tema “Berkreasi Menebar Inspirasi” menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. |AHM|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan bagi siswa SMA multitalenta terbaik pada puncak gelaran Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2022 yang berlangsung akhir pekan ini. 

Beragam ide dan karya khas anak muda cerdas diusung dengan mengedepankan kepedulian terhadap isu lingkungan dan sosial di wilayahnya sehingga menghasilkan produk alternatif dari pemanfaatan limbah hingga energi terbarukan.

BACA JUGA:Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Jadetabek 26 September 2022

BACA JUGA: Klasemen MotoGP 2022 Setelah Seri Jepang: Meski Gagal Podium, Quartararo Tak Tergoyahkan

Memasuki pelaksanaan ke-20, AHM Best Student 2022 yang mengangkat tema “Berkreasi Menebar Inspirasi” menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. 

Terdapat dua kategori karya yang dinilai pada ajang ini, yakni ide dan invensi/ temuan dengan topik Social Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan, serta didukung keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik. Berdasarkan seleksi berjenjang hingga tingkat nasional, AHM memberikan apresiasi tertinggi level Gold untuk ide terbaik kepada Vania Halyadevi dari SMAN 3 Yogyakarta.

BACA JUGA:Hasil MotoGP Jepang 2022: Jack Miller Jawara di Sirkuit Motegi, Bagnaia Apes

BACA JUGA:Tips Buat Cat Velg Tetap 'Glowing' Ala Surya Painting 18

Siswi ini berupaya meningkatkan kesehatan pada balita melalui ide pembuatan susu olahan dari biji kapuk yang berada di lingkungan sekitarnya. Pada kategori invensi, Sekar Ayu Ramadhani dari SMAN 8 Malang, Jawa Timur berhasil meraih apresiasi tertinggi level Gold melalui karya mesin pengering biji kopi dengan tenaga surya sebagai sumber energi penggerak sistem kerja mesin. Melalui pengembangan ini, kinerja mesin dapat memangkas waktu proses pengeringan menjadi hanya 1 hari dari sebelumnya 14 hari menggunakan tenaga matahari secara langsung.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih Level Gold pada AHM Best Student 2022. Terima kasih untuk dukungannya. Semoga karya saya ini dapat bermanfaat untuk petani kopi di daerah kabupaten Malang serta menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia“ ujar Sekar Ayu,  setelah mengikuti Puncak Acara AHM Best Student 2022 yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu, 24 September 2022.

BACA JUGA:Gaet Pelanggan di Bogor, Surya Painting 18 Buka Cabang di Tajur Halang

BACA JUGA:Pertamina Mandalika SAG Resmi Rekrut Lorenzo Dalla Porta, Rekrut Pembalap Indonesia Kapan?

Karya siswa SMA lainnya yang tak kalah menarik pada kategori ide ditunjukkan oleh Ni Luh Ade Sinta Dewi wakil dari SMAN Bali Mandara, Buleleng, Bali yang meraih apresiasi level Silver. Dia mengajukan ide energi terbarukan berupa baterai dari limbah kegiatan upacara keagamaan di wilayahnya. Selain itu, Nafiz Zayyan Humam dari MAN 2 Kota Bogor, Jawa Barat berhasil meraih level Bronze setelah mengangkat ide pemanfaatan biomas sawit sebagai bahan pembuatan semikonduktor.

+++++


AHM Best Student 2022 yang mengangkat tema “Berkreasi Menebar Inspirasi” menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. |AHM|

Pada kategori invensi, Lu’lu’a Fauzia Nurdin siswa SMAN 1 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah berhasil meraih apresiasi level Silver dengan mengusung tema kesehatan berupa temuannya berupa beras analog dari umbi porang dan tulang sotong. Pada level Bronze, terdapat Ardi dari SMKN 1 Suak Tapeh, Banyuasin, Sumatera Selatan dengan menghasilkan karya pemanfaatan lemak sapi menjadi cairan biodesel, sabun batang dan cair dengan pemanfaatan alat rumah tangga sederhana.

Penyampaian apresiasi dan penghargaan disampaikan pada acara Seminar Inspirasi dan Penghargaan AHM Best Student 2022 yang dihadiri lebih dari 16.107 orang secara virtual. Kegiatan ini dimeriahkan oleh tamu yang inspiratif bagi anak muda yaitu Andi Gilang, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) dan Bintang Emon yang merupakan stand up comedian dan content creator Indonesia.

BACA JUGA:Ini Pemenang Pengundian Tahap Pertama Gebyar 24 Tahun Shop&Drive

BACA JUGA:Tips Rawat Rem Cakram Pada Motor, Biar Gak Overheat Begini Caranya

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Coporate Communication AHM mengatakan penyelengaraan AHM Best Student hingga dua dekade ini merupakan bukti konsistensi perusahaan dalam menggali potensi SDM unggul berkarakter khas anak muda di Tanah Air. Dengan tema kegiatan Care, Creative & Confident, perusahaan berusaha mengelaborasi sekaligus mengapresiasi karya-karya anak muda yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

“Kami terus menantang para siswa berpikir kritis dan kreatif sehingga menghasilkan karya yang mampu menjawab isu-isu sosial dan lingkungan yang ada. Kami melihat beragam ide dan temuan dari siswa SMA menarik untuk dikembangkan lebih lanjut melalui penyempurnaan sesuai standar yang berlaku."

BACA JUGA:Siap Balap di Seri 3 ATC 2022 Pekan Ini, Berikut Ungkapan Rider Muda Indonesia

BACA JUGA:Dirlantas Metro Jaya akan Tambah Jumlah ETLE di Jalan Protokol Jakarta

"Apresiasi tinggi kami sampaikan bagi seluruh peserta yang telah mengatur waktu di tengah kesibukan studi untuk terus berkarya dan berprestasi,” ujar Muhib.

Gelaran tahunan AHM Best Student tahun ini dibuka sejak 11 Mei hingga 31 Juli 2022. Proses seleksi dilakukan secara berjenjang di level regional melalui jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Dari tingkat regional, sebanyak 22 karya dari 79 karya yang masuk di level nasional dan dinilai oleh dewan juri profesional di bidangnya seperti Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, akademisi seperti dosen PPM School of Management dan London School of Public Relations dan juga juri dari kalangan praktisi. 

BACA JUGA:Susul Surabaya, Korlantas Polri akan Terapkan ETLE Mobile di DKI Jakarta

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: ahm