Catat, 3 Tips Merawat Rantai Motor Bradsis!

Catat, 3 Tips Merawat Rantai Motor Bradsis!

Tips Merawat rantai agar cepat awet-M. Ichsan-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Rantai pada sepeda motor bertransmisi manual seperti motor sport dan bebek atau cub, memiliki peran penting sebagai penggerak kendaraan. bradsis. 

Gaya gerak sepeda motor dapat terjadi berkat daya mesin yang diteruskan ke roda belakang melalui rantai yang terhubung dengan gir sproket depan dan belakang. 

BACA JUGA:Melihat Italjet Dragster 200 di Black Stone Garage, Harganya Bikin Melongo!

BACA JUGA:Jangan Ketinggalan, Ini Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Polda Metro Jaya, Kamis, 27 Oktober 2022

Pada saat sepeda motor berjalan dengan kecepatan tinggi, rantai harus bekerja dengan baik karena akan berdampak pada performa, kenyamanan dan keamanan berkendara. Kekuatan rantai harus dapat menahan daya tarik yang sangat kuat. 

Seiring pemakaian, performa rantai akan menurun. Untuk itu, diperlukan perhatian dan perawatan supaya performa rantai sepeda motor bisa tetap optimal dan usia pakainya jadi lebih panjang. 

BACA JUGA:Sidak Satpas Daan Mogot, Kapolri Minta Masyarakat Diberi Latihan Sebelum Ujian SIM

BACA JUGA:Jangan Sepelekan, Ini Komponen Motor Matik yang Wajib Diganti Berkala

Mengutip laman Wahana Honda Motor Ada 3 hal yang harus dilakukan agar usia pakai rantai lebih panjang, Apa saja ? ini dia : 

1. Perhatikan ketegangan rantai

Sepeda motor yang digunakan dalam jarak jauh atau membawa beban berat akan membuat kerja rantai semakin berat. Hal ini bisa membuat rantai menjadi kendor. Untuk itu, selalu perhatikan ketegangan atau jarak main bebas rantai. 

BACA JUGA:Mantap, AHM Pasang Solar Panel 8.760 kWp Guna Dukung EBT

BACA JUGA:Ternyata Begini Tips Perawatan CVT Motor Matik

Saat melakukan penyetelan, usahakan jangan terlalu tegang atau terlalu kendur. Kondisi rantai yang terlalu tegang bisa membuat rantai putus, kalau terlalu kendur bisa mengakibatkan rantai Cepat aus dan bisa lepas dari gir. Selain itu, kondisi ini juga akan memengaruhi performa sepeda motor. 

Sumber: wahana honda motor