Jangan Asal, Begini Cara Bersihkan Saringan Udara Sepeda Motor

Jangan Asal, Begini Cara Bersihkan Saringan Udara Sepeda Motor

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Saringan udara memiliki peranan penting di dalam bagian sepeda motor. Jika komponen yang satu ini tidak dirawat secara berkala, maka dapat timbul kerusakan, bradsis.

Contohnya, jika saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam mesin menjadi lebih sedikit. Ini bisa menyebabkan performa mesin menjadi tidak optimal. 

BACA JUGA:Rayakan Anniversary ke-3, GCN Chapter Garut Lakukan Kopdarling di Kota Dodol

BACA JUGA:Gokil, IMOS 2022 Sukses Sedot 90 Ribu Pengunjung

Jika saringan kotor, perbandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak ideal, sehingga bahan bakar pada sepeda motor akan terasa boros

Perbandingan udara dan bahan bakar yang tidak ideal bisa menyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna. Tak hanya itu, endapan karbon juga bisa terjadi di dalam ruang bakar. 

BACA JUGA:Laku 261 Unit, New Honda Scoppy dan New Vario 125 Jadi Primadona di IMOS 2022

BACA JUGA:Kemenangan Alex Rins Jadi Kado Perpisahan Suzuki Pamit dari MotoGP

Cegah Mesin Knocking

Mengutip dari laman Wahana Honda Motor, jika endapan karbon sampai menumpuk, bukan tak mungkin terjadi knocking atau mesin mulai mengelitik. 

Jelas, ini  dengan cepat  bakal menyebabkan performa mesin berkurang dan mesin cepat rusak pembakaran tidak sempurna bisa mempercepat kerusakan pada busi dan beberapa komponen lainnya. 

BACA JUGA:Joan Mir Ungkap Kendala Balapan MotoGP Valencia 2022, Ada Banyak Masalah di Motor Suzuki?

BACA JUGA:Berhasil Jadi Juara Dunia, Francesco Bagnaia: Ini Tidak Mudah Butuh Kerja Keras

Agar performa mesin tetap terjaga, maka saringan udara harus tetap dirawat dan dijaga kebersihannya. Beberapa saringan udara ada yang bisa dibersihkan, tapi ada juga yang tidak bisa sehingga harus diganti dengan yang baru.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda motor

Berita Terkait