Cetak Sejarah, Andi Gilang Pembalap Indonesia Pertama Juara SS600 Ajang ARRC

Cetak Sejarah, Andi Gilang Pembalap Indonesia Pertama Juara SS600 Ajang ARRC

Andi Gilang mencatatkan sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama juara kelas ss600 ajang ARRC-Instagram @astrahondaracingteam-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Gilang, berhasil mencatatkan sejarah di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022.

Andi Gilang menjadi pembalap Indonesia pertama yang berhasil menjuarai kelas Supersport 600 cc (SS600) setelah finish sebagai penang di race kedua ARRC Thailand 2022.

Catatan sejarah yang ditorehkan Andi Gilang tersebut tidak terlepas dari hasil kurang memuaskan yang diperoleh rival terdekatnya, Helmi Azman, yang hanya mampu finish di posisi ke-5.

Untuk diketahui, sejak kelas Supersport 600 cc (SS600) menggantikan kelas 250 cc 2-tak di tahun 2000, belum ada pembalap Indonesia yang berhasil menjuarai kelas tersebut.

BACA JUGA:Pengendara yang Melanggar dan Jadi Penyebab Kecelakaan Tetap Ditindak Meski Tilang Manual Telah Dihapus

Tercatat, sejak kelas SS600 dibuka, gelar juara didominasi pembalap dari negara Jepang, Thailand dan Malaysia.

Toshiyuki Hamaguchi menjadi pembalap yang paling banyak memenangi kelas SS600. Pembalap Jepang itu memenangkan kelas SS600 sebanyak enam kali.

Musim ini, Andi Gilang berhasil menjadi juara kelas SS600 untuk pertama kalinya, setelah finis sebagai pemenang di race kedua ARRC Thailand 2022.

Meski Andi Gilang dan Helmi Azman sama-sama mengumpulkan 158 poin, namun pembalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan itu berhak atas gelar juara Asia karena unggul jumlah podium dan kemenangan dari Helmi Azman.

BACA JUGA:Agar Berkendara Tetap Aman Saat Terjadi Kemacetan, Simak Tips Berikut Ini...

Bukan cuma Andi Gilang, tim Astra Honda Racing Team (AHRT) juga mencatatkan sejarang sebagai tim Indonesia pertama yang mampu mengantarkan pembalap Indonesia menjuarai kelas SS600.

Sumber: