Jangan Takut Ribet, Ini Tips Mudah Rawat Aki Motor Kalian, Bradsis

Jangan Takut Ribet, Ini Tips Mudah Rawat Aki Motor Kalian, Bradsis

Ilustrasi aki motor-istimewa-google

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Aki motor menjadi salah satu part terpenting dalam suatu kendaraaan. Komponen ini memiliki tugas pada bagian kelistrikan.

Saat ini ada dua jenis aki yang tidak asing bagi telinga kita, yakni versi kering dan basah.  Aki kering bentuk elektrodanya seperti gel sementara aki basah berbentuk cairan. 

BACA JUGA:Dengan Tampilan Warna Baru, New Honda Scoopy Hadir di Jambi, Ini Harganya...

BACA JUGA:Jawab Pertanyaan Pasar, Suzuki Pastikan Avenis 125 Dapat Layanan Purna Jual Terbaik

Meskipun terdapat perbedaan, tapi kedua jenis aki ini sama-sama laris digunakan oleh para pengendara di Indonesia.Sesungguhnya  apa perbedaan antara kedua jenis aki ini? Mari kita kulik bersama.

Nah Wahana Honda Motor memiliki tips untuk merawat aki kering dan aki basah pada motor Bradsis semua, ini dia ulasannya.

BACA JUGA:Motor Retro CFMoto 300 CL-X 2023 Resmi Meluncur di Eropa

BACA JUGA:Wow, MV Agusta Superveloce 1000 Oro Resmi Mengaspal, Superbike Bergaya Retro!

Aki Basah

Biasanya menggunakan wadah transparan yang akan memudahkan kita untuk mengecek kondisi air atau cairan elektrolit.  Air aki atau sering disebut juga sebagai air zuur adalah cairan yang berfungsi sebagai perendam cell-cell aki yang ada pada tipe aki ini. 

Posisi air pada aki basah harus ada di atas garis minimal, agar semua batang cell bisa terendam  dengan sempurna. Jika menggunakan aki basah, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi air ini,  agar performa listrik yang di salurkan tetap stabil.

BACA JUGA:Keren, AHM Kolaborasi dengan YPA-MDR Gelar Latihan Aman Berkendara

BACA JUGA:Dukung Energi Ramah Lingkungan, Pemkab Sumenep Jadikan Motor Listrik Kendaraan Dinas

Umur aki basah biasanya tidak terlalu lama, tetapi performanya tidak perlu diragukan. Karenanya, untuk menjaga performa itu, aki basah perlu dirawat dengan telaten.

Sumber: wahana honda motor