Bekerja sama dengan Gesits, BUMN akan Tambah Motor Listrik untuk Kendaraan Dinas

Bekerja sama dengan Gesits, BUMN akan Tambah Motor Listrik untuk Kendaraan Dinas

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Pemerintah saat ini tengah gencar mengkampanyekan penggunaan kendaraan ramah energi dan lingkungan. Salah satunya, dengan memperbanyak penggunaan motor listrik.

Terkait hal ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menggandeng Gesits untuk bekerja sama menambah motor listrik buat kendaraan dinas maupun operasional bagi instansi pemerintah.

Wakil Menteri I BUMN Pahala Mansury kepada awak media belum lama ini mengatakan, pemerintah akan memperbanyak pengadaan motor listrik sebagai kendaraan dinas atau operasional bagi setiap instansi.

Pahala bahkan menyebutkan motor dan mobil dinas Kementerian BUMN tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak. Jadi harus motor dan mobil listrik.

BACA JUGA:Menko Airlangga Ingin Indonesia Seperti Thailand, Minta Pemda Bebaskan Pajak Motor Listrik

Pahala juga mengatakan jika pijaknya akan membesarkan Gesits yang merupakan produksi dari anak usaha PT WIKA.

Sebelumnya, pada bulan Oktober 2022 Menteri BUMN Erick Tohir telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang berisi bahwa mulai dari sekarang semua kendaraan motor maupun mobil yang ada di lingkungan Kementerian BUMN tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak.

Penggunaan kendaraan listrik untuk kegiatan dinas atau operasional sehari-hari kementerian atau lembaga hingga BUMN sebenarnya sudah tertuang pada Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV).

BACA JUGA:Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Ini Penjelasan Polisi

Maka dari itu, Pahala mengatakan jika penggunaan Gesits sebagai kendaraan dinas Kementerian BUMN menjadi salah satu upaya untuk mengakselerasi program kendaraan listrik.

Gesits sendiri merupakan merek motor listrik produksi atau karya anak bangsa. Motor listrik ini merupakan hasil kerja sama yang diprakarsai oleh kementerian riset dan teknologi bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Sementara itu, produksi motor listrik ini di pabrik yang terletak di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

BACA JUGA:Berikan Penguatan Karakter Pada Sekolah Binaan Honda, Tim Sinsen Kunjungi SMK di Merangin dan Bungo

Selain itu, Pahala juga mengimbau agar bank-bank yang tergabung dalam Himpunan bank milik negara dan yang lainnya untuk mengubah kebijakannya lebih banyak memberikan pembiayaannya ke motor dan mobil listrik.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: