Bisa Jadi Ini Penyebab Motor Sering Ngadat, Cepat Bersihkan Tangki Motor dari Karat Agar Tak Gampang Mogok

Bisa Jadi Ini Penyebab Motor Sering Ngadat, Cepat Bersihkan Tangki Motor dari Karat Agar Tak Gampang Mogok

Yuk Bersihkan Tangki Motor dari Karat Agar Tidak Gampang Mogok-Ade Rafi-Motorexpertz.com

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Mesin motor bisa mogok kalau sistem pembakarannya tidak sempurna lantaran terhambat kotoran atau kerak. Bagaimana bisa bisa ada kerak?

Paling sering, kerak datang dari tangki yang karatan. Selanjutnya karat tersebut terbawa bensin, hinga masuk ke sistem pembakaran. 

Alhasil, karat memberi sumbatan pasokan bahan bakar ke mesin. Kemudian, motor kamu jadi mogok.

BACA JUGA:Lampu Kolong Motor: Simak Pengertian, Fungsi dan, Cara Pasangnya!

Oleh karenanya, kamu harus cegah hal tersebut terjadi.

Cara paling mudah dalam merawat tangki motor adalah dengan selalu mengisi penuh bensin, jangan mengisi bensin sedikit-sedikit, karena alasan tidak punya uang.

Pasalnya, hal itu bakal berakibat karat di dalam tangki. Nanti uang yang keluar bisa lebih besar lagi kalau benar terjadi.

Kenapa isi penuh tangki bisa mencegah karat? Udara merupakan salah satu komponen penyebab karat, terlebih saat bercampur dengan air.

BACA JUGA:Jangan Asal Pasang Begini Cara Pasang Relay Lampu Motor Yang Benar

Kehadiran air di dalam tangki juga sesuatu yang lumrah.

Air bisa datang saat kamu mencuci motor dengan kompresor (khususnya motor batangan) serta dapat pula melalui hujan, tidak ketinggalan, mengisi bensin eceran pun bisa menjadi salah satu penyebab air masuk ke tangki. Kalau memang sudah berkarat, hilangkanlah karatnya!

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membersihkan tangki dari karat, namun Sebelum melakukan pembersihan, Keluarkan seluruh bensin dari dalam tangki menggunakan selang yang dihubungkan ke wadah penampungan, bisa dengan cara disedot menggunakan selang lewat lubang atas tangki.

Setelah benar-benar tidak ada bensin, lepas tangki dari body motor kamu, hati-hati ya biar motor kamu tetap aman. Jangan lupa simpan baut-baut yang penting biar enggak hilang.

Isi tangki dengan bensin bersih ke dalam tangki, tutup tangki, lalu kocok-kocok sampai karat yang ada di dalam tangki terlepas dari dinding tangki.

Sumber: