ITDC: Pertamina Mandalika Circuit Sudah Lolos Homologasi Grade A

ITDC: Pertamina Mandalika Circuit Sudah Lolos Homologasi Grade A


Sirkuit Pertamina Mandalika|motogp|

MANDALIKA, MOTOREXPERTZ.COM- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tou- rism Development Corporation (ITDC), bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bersyukur pelaksanaan event Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 hari pertama Jumat (18/3) telah berjalan baik dan tanpa kendala.

ITDC pun mengumumkan, Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan IRTA, Kamis (17/3/2022) kemarin.

“Dapat kami informasikan bahwa ber- dasarkan hasil track inspection oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan IRTA pada hari Kamis (17/3), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A,” ujar Abdulbar M. Mansoer, selaku Direktur Utama ITDC.

BACA JUGA:MotoGP Mandalika 2022: Bagnaia Beri Kabar Baik Soal Performa Terbaru di Indonesia: Ini Hari Terbaik Tahun Ini

BACA JUGA:Tampil di MotoGP Mandalika, Aprilia SR GT 200 Resmi Hadir di Indonesia

“Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit kami sangat layak untuk menggelar event MotoGP,” tambahnya.

“Hari ini telah dilaksanakan sesi free practice, dan kami sangat bersyukur, balapan hari pertama ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala. Masih ada 2 hari penyelenggaraan, dan kami optimistis akan berjalan sukses,” jelasnya.

Keberhasilan lolos homologasi Grade A ini tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang dilakukan oleh ITDC bersama MGPA guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.

+++++


Sirkuit Pertamina Mandalika|motogp|

Sebelumnya, Pertamina Mandalika Circuit mendapatkan grade B pada saat penyelenggaran FIM Motul World Superbike (WSBK) tahun lalu.

Peningkatan yang telah dilakukan adalah additional protecti- ve devices, track marking, verges and run-off areas, gravel beds, tyre barriers, turn signs, start lights, all along the track, both sides, pit lane axit, starting grid, flag marshal posts.

Lalu light panel and equipments, track marshal post and equipment, track maintenance, drainage system dan long lap penalty zone.

BACA JUGA:MotoGP Mandalika 2022, Jack Miller: Mandalika 100 persen Siap Buat Balapan, Tapi...

BACA JUGA:Hasil Hari Pertama MotoGP Indonesia 2022: Duo Yamaha Tercepat, Marc Marquez Jumpalitan

“Kami membawa event balap ini kembali ke Indonesia setelah penantian yang panjang. Event MotoGP ini bukan hanya milik ITDC-MGPA saja, sehingga kami didukung oleh berbagai kementerian dan Lembaga,” terang Abdulbar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada FIM, Dorna Sports, IMI serta seluruh pihak yang telah mendukung kami dalam penyelenggaraan event ini,” imbuhnya.

+++++


Sirkuit Pertamina Mandalika|motogp|

Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, “Melihat pelaksanaan acara hari ini yang berlancar lancar.”

“Kami optimistis event bersejarah MotoGP yang kita tunggu selama 25 tahun dapat berjalan dengan sukses dan akan memberikan momen yang tidak terlupakan bagi pecinta balap tanah air yang menyaksikan secara langsung di Pertamina Mandalika Circuit maupun menonton dari siaran televisi,” ungkapnya.

“Lintasan sirkuit yang telah kami resurfacing dapat berfungsi dengan baik. Kami juga melihat semua elemen pendukung balapan, khususnya Marshall, telah bekerja sesuai yang diharapkan,” papar Priandhi.

BACA JUGA:Sudah Sampai Mataram, Turing bLU cRU Fun Riding Road to Mandalika Bakal Nonton Langsung MotoGP di Mandalika

BACA JUGA:Yuk Ikutan Samurai Virtual Spray Competition 2022, Hadiah Berlimpah, Ada Toyota Agya, 8 Unit Motor dan Masih Banyak Lagi

“Sebanyak 300 Marshall yang bertugas dalam event ini merupakan putra daerah yang telah melalui pelatihan dan kami sangat berbangga, mereka semua telah menunjukkan kemampuan dan kualitas kerja yang sangat baik. Bisa dilihat saat Marc Márquez terjatuh tadi, marshall kami terlihat siap dan sigap mengatasi hal tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, guna memenuhi kebutuhan penonton, ITDC Group telah menyediakan sejumlah fasilitas di area inner Sirkuit seperti toilet, mushola, mobile ATM, hingga mini clinic.

ITDC juga membuka Commercial Booth, antara lain penjualan official merchandise hingga food and beverage, dan food truck di sejumlah titik.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: