Selis dan VKTR Sepakati Kerjasama Produksi Empat Motor Listrik Baru

Selis dan VKTR Sepakati Kerjasama Produksi Empat Motor Listrik Baru

Selis bersama VKTR sepakat kerjasama produksi empat motor listrik-Instagram @vktr_indonesia-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS/SLIS) bersama dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) sepakat menjalin kerjasama untuk memprodu─Ěsi motor listrik.

Ada empat tipe motor listrik yang akan diproduksi Selis bekerja sama dengan VKTR, yakni tipe V, K, T, dan R.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono dalam keterangannya yang dikutip dari Motorplus-online.com, mengatakan masuknya VKTR di industri motor listrik merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah mewujudkan program net zero emission 2060.

BACA JUGA:New CB150X Semakin Gagah dengan Tampilan Warna Baru

Gilarsi mengungkapkan, berdasarkan data tahun 2021, di Pulau Jawa saja ada 89.660.579 unit motor, dengan total keseluruhan di Indonesia sebanyak 119.536.624 unit.

Maka dari itu, kata Gilarsi, pihaknya sangat mendukung program pemerintah untuk mendorong masyarakat beralih ke motor listrik.

Lebih lanjut, Gilarsi mengatakan kerjasama sengan Selis merupakan bagian dari workshop yang melibatkan kedua belah pihak, dimana dalam workshop tersebut dibahas secara rinci terkait konsep sepeda motor listrik yang akan diproduksi oleh VKTR bersama SLIS, kualitas, beta testing, dan percepatan produksi dengan target pemenuhan TKDN sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

BACA JUGA:Sinsen Beri Kemudahan Bagi Konsumen Setia Lewat Layanan Honda Care

Gilarsi menegaskan, pihaknua optimistis kerjasama itu akan menghasilkan produk motor listrik berkualitas dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Ia juga meyakini ke depan, dengan adanya dukungan pemerintah terhadap industri kendaraan listrik, pasar motor listrik di Indonesia pasti tumbuh pesat.

Adapun untuk rancang bangun produk sepeda motor listrik itu akan dikerjakan bersama institusi pendidikan tinggi, yakni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sedangkan manufakturnya akan memakai fasilitas produksi yang dimiliki GAS.

BACA JUGA:Lurah dan Sekcam di Blitar Dapat Motor Dinas Yamaha Lexi

Dengan demikian, Gilarsi mengatakan jika ia optimis TKDN nantinya di tahap awal sudah berada di angka 45 persen sampai 50 persen, dan seiring berjalannya waktu akan terus ditingkatkan hingga 90 persen.

Hal ini telah dibuktikan dengan TKDN yang telah dicapai oleh PT Juara Bike selaku Anak Perusahaan GAS atas Motor listrik tipe EMAX dengan nilai TKDN mencapai 53,69 persen.

Gilarsi juga mengatakan persiapan mereka sudah matang, termasuk R&D, produksi, pemasaran dan aktivitas after sales-nya.

BACA JUGA:Pemerintah Siapkan Dana Rp 5 Triliun untuk Subsidi Pembelian Kendaraan Listrik

Ia juga pastikan lada pertengahan 2023 akan lahir satu produk sepeda motor listrik, bukan sekadar moda transportasi ramah lingkungan roda dua, melainkan lifestyle mobility solution yang akan mengubah definisi kenyamanan dalam berkendara dengan performa terbaik di kelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama GAS Edi Hanafiah Kwanto, menyambut baik kerjasama itu karena membuka peluang untuk memasuki pasar kendaraan listrik secara lebih luas.

Melalui kerja sama ini, Edi berharap bisa terus memahami kebutuhan pengguna EV di Indonesia, meningkatkan kemudahan pemakaian dan keandalan dari teknologi, dan memberikan yang terbaik bagi konsumen serta ikut berkontribusi mencapai bebas emisi dan net zero pada tahun 2060.

Sumber: