Tips Berkendara Hadapi Musim Pancaroba, Perhatikan 6 Poin Ini

Tips Berkendara Hadapi Musim Pancaroba, Perhatikan 6 Poin Ini

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Musim pancaroba diwarnai dengan keadaan udara tidak menentu, atau adanya peralihan antara musim kemarau dan musim hujan. 

Tidak hanya kita saja yang langsung terkena dampak dari musim pancaroba melainkan motor yang kerap digunakan pun bisa terdampak. 

BACA JUGA:Beda dengan Jalan Raya, Ini Tips Berkendara Aman di Sirkuit

Karenanya, dibutuhkan perawatan rutin agar performa motor selalu terjaga baik di segala kondisi musim. 

Untuk itu, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu) memberikan tips perawatan motor di musim pancaroba :

1.Cek filter udara

Di musim panas kondisi jalan di Indonesia lebih berdebu, menyebabkan cepat kotornya filter udara pada motor. 

BACA JUGA:7 Tips Jika Terpaksa Lewati Jalan Rusak

Jika filter udara terlalu kotor mengakibatkan suplai udara menjadi berkurang karena terhambat debu dan kotoran, sehingga menyebabkan performa mesin menurun serta konsumsi bahan bakar lebih boros. 

Maka disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan filter udara setiap satu bulan sekali. Untuk saringan tipe kering, bisa dilakukan pembersihan dengan udara bertekanan, jika saringan tipe basah maka wajib dilakukan penggantian.

2.Ban

Cek kondisi tekanan ban karena di musim pancaroba tekanan ban cenderung tidak stabil, lalu cek juga ketebalan grip ban karena grip ban yang sudah menipis bisa membahayakan pengendara pada saat hujan yang tiba-tiba datang. 

BACA JUGA:Fadillah Arbi Aditama Siap Hadapi Seri 2 FIM JuniorGP di Valencia Pekan Ini

Kami sarankan menggunakan angin dari nitrogen saat musim pancaroba karena nitrogen cenderung memiliki tekanan yang lebih stabil dibandingkan dengan angin biasa. 

Sumber: