Apakah Motor Listrik Lebih Irit di Bandingkan Motor BBM?

Apakah Motor Listrik Lebih Irit di Bandingkan Motor BBM?

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Penggunaan motor listrik tidak hanya ramah lingkungan, tetapi lebih irit dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM).

Biaya operasional penggunaan motor listrik disebutkan lebih hemat dibandingkan motor berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM). Bahkan, tak tanggung-tanggung biaya disebutkan bisa hemat hingga 75%.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo. Darmawan mengatakan, berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan PLN, beralih ke motor dan mobil listrik bisa memiliki manfaat ekonomi yang menguntungkan konsumen.

BACA JUGA:Pecinta Klasik Masuk! Intip Fitur Baru Honda Super dan Cross Cub 110s

Dia menjabarkan, dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp1.699 per kilo Watt hour (kWh), hanya diperlukan sekitar Rp 2.500 untuk sepeda motor listrik menempuh jarak 50 kilo meter (km) dan 10 km untuk mobil listrik. 

Sedangkan, jika menggunakan BBM harus menghabiskan sekitar Rp 14 ribu untuk menempuh jarak yang sama.

"Ini adalah salah satu bentuk keberpihakan negara terhadap masyarakat untuk meringankan biaya transportasi rakyat. Dengan menggunakan motor listrik, masyarakat lebih hemat biaya 75% dibanding menggunakan sepeda motor berbasis BBM," ungkap Darmawan pada gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang berlangsung pada 17 hingga 21 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

BACA JUGA:Bocor! Tampilan Honda CB350 Cafe Racer, Akan Segera Launching?

Darmawan menambahkan, dengan menggunakan kendaraan listrik, masyarakat juga akan mendapatkan manfaat penghematan tambahan dalam sisi perawatan.

"Motor atau mobil listrik tidak memerlukan penggantian oli. Selain itu, spare part motor maupun mobil listrik juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan motor ataupun mobil berbasis BBM," jelasnya.

Lebih lanjut Darmawan meyakinkan bahwa ekosistem kendaraan listrik di Indonesia kini telah semakin kuat. 

Dari sektor hulu, melalui Indonesia Battery Corporation (IBC), Kementerian BUMN telah mendorong terciptanya industri baterai dalam negeri.

BACA JUGA:Mio Karbu Masih Eksis, Segini Harga Barunya

Lebih dari itu, infrastruktur ekosistem kendaraan listrik tanah air juga telah siap digunakan dengan disediakannya Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), layanan pengisian baterai di rumah atau Home Charging, hingga platform one stop services untuk pemilik kendaraan listrik yaitu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: