Belum Banyak yang Tahu, Ini Tips Mudah Perawatan Motor Listrik

Belum Banyak yang Tahu, Ini Tips Mudah Perawatan Motor Listrik

Tips perawatan motor listrik-M. Ichsan-


Tips perawatan motor listrik|M. Ichsan|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM- Pemerintah terus mempercepat era elektrifikasi, oleh karena ini keberadaan motor listrik di Indonesia mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat. 

Hal ini didasari oleh berbagai macam faktor, antara lain efisiensi tinggi, akselerasi yang spontan, suara mesin lebih halus, serta perawatan yang mudah dan terjangkau. 

BACA JUGA:Usulan Moge Boleh Masuk Tol, Polisi: Gak Boleh, Sudah Ada Ketentuannya!

BACA JUGA:Jangan Sampai Tertipu Saat Beli Motor Bekas, Simak Tipsnya di Sini

Tak hanya itu, motor listrik juga dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara di jalanan. 

Berbagai alasan di atas membuat penggunaan motor listrik menjadi kian masif di Indonesia. Lalu bagaimana dengan perawatannya?

Meskipun diklaim mempunyai kemudahan dalam perawatannya, motor listrik tetap saja membutuhkan perawatan seperti motor pada umumnya. 

BACA JUGA:Cara Gampang Merawat Motor Kopling, Cukup Perhatikan 4 Poin Ini

BACA JUGA:Bagnaia Gak Mau Denger Saran Rossi di Red Bull Ring, Ini Reaksi Teh Doctor...

Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan:

1. Mencabut Baterai jika Tidak Digunakan

Hal ini sebaiknya dilakukan, terlebih jika motor tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama karena baterai akan mengalami self discharge ketika motor dalam keadaan mati. 

Namun pastikan bahwa baterai dalam keadaan penuh terlebih dahulu. Selain itu,  dicharge selama sekitar 10 menit setidaknya satu minggu sekali, agar baterai tidak mudah drop.

Sumber: