Standar Tengah Terawat, Motor Makin Awet, Ini Tipsnya

Standar Tengah Terawat, Motor Makin Awet, Ini Tipsnya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- Standar tengah motor memiliki sejumlah fungsi yang turut membantu kegiatan berkendara konsumen. Oleh karena itu, konsumen juga perlu memperhatikan perawatan standar tengah motor agar tetap berfungsi dengan baik.

Berikut pemaparan dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu) mengenai fungsi dan perawatan standar tengah motor :

BACA JUGA:Kemasan Baru AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2, Spesial Buat Mesin Matik 110 cc Terbaru Honda

BACA JUGA:Ini Keunggulan Yamaha All New R15M Connected yang Cocok Jadi Partner Berkendara

Fungsi standar tengah motor :

-Membuat motor stabil tidak mudah jatuh, terutama pada saat parkir di daerah yang menanjak atau menurun.

-Membuat umur shockbreaker dan ban belakang lebih awet, dikarenakan pada saat standar tengah, ban motor belakang menjadi terangkat, secara tidak langsung kerja dari shock dan ban belakang jadi lebih berkurang terutama saat parkir kendaraan dalam jangka waktu yang lama.

-Memudahkan saat service dan mencuci motor. Juga ketika melakukan perbaikan part (pergantian ban, rantai terutama bagian belakang motor).

BACA JUGA:Tampil Perdana di Kompetisi Safety Riding Asia Oceania, Instruktur AHM Raih Prestasi

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Kawasaki New KLX150 2024, Sudah Pakai Lampu LED dengan 2 Pilihan Ukuran Pelek

-Meminimalisir terjadinya pencurian sepeda motor, karena pada saat ingin mengendarai sepeda motor standar harus diturunkan dan pada saat diturunkan membutuhkan tenaga yang cukup besar, serta menimbulkan suara.

Oleh sebab itu, dengan menggunakan standar tengah sepeda motor, bisa turut membantu pencegahan terjadinya pencurian.

Merawat standar tengah motor :

1.Pelumasan

Bagi motor yang selalu dipakai setiap hari terutama saat melewati kondisi jalan yang basah dan kering, wajib bagi Anda untuk merawat standar tengah.

BACA JUGA:New KLX150 MY 2024 Resmi Meluncur, Fitur Makin Lengkap, Makin Pas Buat Pecinta Off Road

BACA JUGA:Market Tes Yamaha EV E01 Mampir di Medan

As standar tengah merupakan bagian rentan berkarat, jika as berkarat, berkerak atau bengkok maka yang terjadi as susah dilepas dan harus dibawa ke bengkel bubut.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan apabila motor terkena air hujan atau debu bilas menggunakan air bersih bertekanan atau dengan cara di lap, setelah itu bisa melakukan penyemprotan dengan pelumas khusus.

2.Cek bantalan karet

Jika diperhatikan terdapat bantalan karet yang tidak terlalu besar di bagian standar tengah sepeda motor. Fungsi dari part tersebut adalah untuk meredam benturan antara standar tengah dan rangka sepeda motor.

Untuk merawat atau memperpanjang umur dari standar tengah, sebaiknya jangan lupa cek bantalan karet tersebut setiap melewati jalanan jelek.

BACA JUGA:Terungkap! Alasan Dani Pedrosa Mau Ambil Wild Card di GP Jerez

BACA JUGA:Tampilan Baru Yamaha Fazzio Hybrid Connected, Dibanderol Rp 22 Jutaan

3.Perhatikan cara berkendara

Konsumen perhatikan cara berkendara dengan aman. Karena sering dijumpai di jalan pengendara yang lalai, selain membahayakan diri sendiri pengendara yang lalai bisa membahayakan orang lain.

Selain membahayakan pengguna jalan, berkendara yang lalai dapat merusak sepeda motor, termasuk standar tengah. Jika terdapat jalan yang buruk, harap berkendara dengan hati-hati serta memacu kendaraan dengan pelan.

Jika memacu kendaraan dengan cepat, dikhawatirkan motor akan membentur jalan yang rusak atau bebatuan. Hal tersebut bukan hanya merusak standar tengah tetapi part lain sepeda motor.

Sumber: