IEMS 2022 Siap Digelar Bulan September, Kembangkan Inovasi Kendaraan Listrik Otonom

IEMS 2022 Siap Digelar Bulan September, Kembangkan Inovasi Kendaraan Listrik Otonom


Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 siap digelar|M. Ichsan|

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM Pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022) siap digelar tahun ini pada 8-10 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada IEMS 2022 ini, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Elektronika dan Informatika, juga sedang mengembangkan kendaraan listrik otonom yang ramah lingkungan.

BACA JUGA:Catat! 5 Benda ini Jadi Perlengkapan Penting untuk Dibawa Saat Turing Jarak Jauh, Salah Satunya Kunci Serep!

BACA JUGA:Yuk Pasang Sidebox Police Biar Tampilan Yamaha NMax Makin Elegan dan Modis, Harganya 'Ekonomis' Loh...

Konsep sistem transportasi yang lebih baru ini, yakni Autonomous Vehicle (AV), nantinya dapat digunakan di bandara, kampus, dan sektor publik lainnya.

Autonomus vehicle mewakili konsep Micro Electric Vehicle Teleoperated Driving System (MEVITDS) yang dikemudikan dari jarak jauh.

BACA JUGA:Yamaha Aerox 155 VVA 2017: Cukup Dandan Minimalis, Tampilan Makin Stylish, Rahasianya Ada di Sini, Bradsis!

BACA JUGA:Edukasi Pelajar Soal Safety Riding, Yamaha Berikan 2 Bekal Penting ini Buat SMA di Tegal dan Pati

"Dalam beberapa tahun ke depan, kendaraan otonom atau tanpa pengemudi akan menjadi standar kendaraan di banyak negara, termasuk Indonesia," ujar Laksana Tri Handoko, selaku Kepala BRIN, Rabu 20 Juli 2022.

"Potensi implementasi kendaraan otonom untuk satu atau dua penumpang itu dapat digunakan di area terbatas atau kawasan khusus, seperti di kebun raya, objek wisata, kawasan perumahan, industri, dan perkantoran," jelasnya.

+++++


Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 siap digelar|M. Ichsan|

"Kendaraan otonom itu, juga dapat digunakan sebagai pengangkut untuk transportasi massal di kawasan khusus tersebut," tambahnya.

Handoko juga menambahkan, pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020- 2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom.

BACA JUGA:Trik Turing Jarak Jauh Makin Nyaman, Perhatikan 6 Poin Ini

BACA JUGA:Royal Enfield Gelar Turing Sambil Penghijauan di KM 0 Sungai Citarum

Seperti sistem deteksi objek/sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction dan computer vision.

Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system/power electronics, platform dan charging system.

BACA JUGA:Mau CVT Skutik Lebih Awet dan Tarikan Motor Lebih Kencang? Gampang, Ternyata Cukup Pakai Parts Orisinal!

BACA JUGA:Bikin Ketagihan, Event bLU cRU Riding Experience di Boyolali Disambut Antusias Bikers: Ini Pengalaman Tak Terlupakan!

"Melalui tema IEMS 2022 Strengthening Autonomous Ecosystem, BRIN ingin mendorong berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang AV," ungkapnya.

"Hal ini akan membantu menciptakan proposisi nilai baru yang terbentuk melalui kolaborasi," imbuhnya.

+++++


Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 siap digelar|M. Ichsan|

Selain itu, BRIN juga mengajak seluruh stakeholder, termasuk industri, agar mau berinvestasi guna memperkuat ekosistem yang sudah ada.

Menurut Handoko, solusi end-to-end, yang berbasis pada teknologi, membutuhkan hubungan internal yang kuat antara sektor hulu dengan berbagai pemangku kepentingan yang relevan.

BACA JUGA:Gile! Cuma Unggah Foto di Sosmed Bisa Dapat Hadiah Motor, Simak Cara Ikut Yamaha Day Photo Competition di Sini!

BACA JUGA:Komitmen Rangkul Balap Liar Lewat Street Race, IMI: Polda Metro Jaya Sedang Bangun Sirkuit di Cakung

"IEMS 2022 merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan sebagai ajang untule mensosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, khususnya peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial," terangnya.

"Ini merupakan salah satu bentukan dukungan BRIN bersama par stakeholders serta produsen kendaraan listrik dan komponennya untuk memacu perkembanga kendaraan listrik di Indonesia dan berbagai inovasi terbaru," lanjutnya.

tahun ini. Kegiatan IEMS 2022 didukung oleh berbagai steakholder yaitu Kemenkomarvest, Kementrian ESDM, Kementrian Perhubungan, Dewan Energi Nasional, Industri BUMN PT Pertamina (Persero).

BACA JUGA:Targetkan Poin Maksimal di Ajang R3 bLU cRU European Cup Seri 4 Donington Park, Wahyu Nugroho Lakukan Strategi ini...

BACA JUGA:Tawarkan DNA MotoGP, Matik Aprilia SR-GT 200 Resmi Meluncur di Indonesia

Juga ada PLN (Persero), PT LEN Industri (Persero) serta indutori lainnya, Universitas dan Politeknik yang banyak melakukan kegiatan dalam pengembangan EV di tanah air.

"Semoga event ini akan dapat memperkuat ekosistem otonom yang telah ada, sehingga ke depan, aktivitas riset dan inovasi dapat terus berkembang untuk menjawab tantangan bangsa di masa mendatang," pungkas Handoko.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: