Cegah Rem Blong, Ini Tips Rawat Rem Cakram Motor

Cegah Rem Blong, Ini Tips Rawat Rem Cakram Motor

Cara mudah merawat rem cakram sepeda motor.-Foto: dok. Yamaha-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Rem adalah suatu peranti  yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda, karena gerak roda diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat.


Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.

BACA JUGA:16 Pembalap Muda Jadi Binaaan AHM Lakukan Pemusatan Latihan di Program AHRS

BACA JUGA:143 Kendaraan Listrik Toyota Siap Ramaikan KTT G20 Bali

Umumnya terdapat dua tipe sistem pengereman yang digunakan pada sepeda motor yaitu rem tromol (drum brake) dan cakram (disc brake).

Namun keduanya tetap menggunakan prinsip gesekan. Dan Gesekan tersebut tentu bisa menyebabkan panas. Apalagi kerja rem berat, terutama ketika di jalanan yang menurun atau digunakan untuk kecepatan tinggi, bisa menyebabkan kepanasan yang berlebih pada cakram.

BACA JUGA:Kapolri Beri Arahan Ke Korlantas, Ini Isi Pesannya!

BACA JUGA:Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Polda Metro Jaya 31 Oktober 2022

Panas inilah yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Karena itu komponen pengereman harus dalam keadaan prima dan dirawat secara berkala.

Selain itu jika terjadi overheat, jangan menyiram cakram dengan air karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada cakram.

BACA JUGA:Salut! Menang Balap Ketahanan, Tim Yamaha Racing Indonesia Sumbangkan Hadiah ke Panti Asuhan

BACA JUGA:Law Riders Indonesia Rayakan Anniversary Pertama dengan Puluhan Klub Motor di SCBD

Ini tips merawat rem cakram agar awet dan tidak gampang panas dari Wahana Honda Motor

1. Gunakan minyak/oli rem

Gunakan minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS.  Dan sebaiknya ganti minyak rem setiap dua tahun/24,000 km. Selalu lakukan pengecekan minyak rem, jika ada kebocoran segera diperbaiki.

BACA JUGA:Bumi Pasundan Sumbang 17 Persen Jualan Motor Honda Skala Nasional

BACA JUGA:Bawa 100 Rekanan Nonton MotoGP Sepang, Bukti Repsol Cinta Indonesia

2. Rawat Master dan Kaliper

Pada master dan kaliper terdapat komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas. 

Seal ini dapat menjadi keras yang dapat mengganggu kerja piston pada caliper yang dapat menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan gesekan dan menjadi panas pada cakram.

BACA JUGA:Tips Perawatan Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Prima

BACA JUGA:Jangan Macam-Macam, Polda Metro Jaya Siapkan 10 ETLE Mobile dengan Teknologi AI

Karenanya, ganti seal bersamaan dengan penggantian minyak rem.

3. Ganti Kampas Rem

Kampas rem yang habis atau aus,  dapat  langsung menyebabkan gesekan berlebih dan menimbulkan panas yang dapat menimbulkan overheat pada cakram.

BACA JUGA:Momen Hari Sumpah Pemuda, Yamaha Umumkan Pemenang Fazzio Youth Project 2022

BACA JUGA:Bikers Yamaha Merapat! Maxi Yamaha Day Siap Digelar di Tawangmangu Pekan Ini

Memperhatikan kampas rem   dan menggantinya di saat yang tepat adalah tindakan paling  bijaksana demi keselamatan pengendara.

Sumber: wahana honda motor